Kita yakin stok cukup. Jangan sampai masalah distribusi menimbulkan masalah...
Jakarta (ANTARA News) - Komisi IV DPR berencana melakukan inspeksi untuk melihat ketersediaan bahan-bahan pangan pokok di pasar-pasar dan gudang pedagang menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Komisi IV DPR RI sebelum Ramadhan dan menjelang Idul Fitri pasti akan melakukan sidak. Komisi IV ingin memastikan stok kebutuhan pokok tersedia," kata anggota Komisi IV DPR Ichsan Firdaus di Gedung DPR Jakarta, Senin.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan masalah ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri biasanya terjadi utamanya karena gangguan distribusi.

"Kementerian Pertanian dan Bulog bilang cukup, tapi dimana itu barang, harus dipastikan dan jangan sampai dimainkan pedagang. Kita juga akan minta data dari Kementan soal stok secara berkala, apalagi sudah ada kenaikan cabai, bawang," katanya.

Kementerian Perdagangan, menurut dia, harus memastikan distribusi bahan pangan pokok tidak tertanggu menjelang Ramadhan dan Lebaran dan menindak tegas orang yang menimbun bahan-bahan kebutuhan pokok.

"Pelarangan menyetok lebih dari tiga bulan itu harus dipertegas. Mendag harus mempertegas efektifitas dan implementasi dari peraturan Mendag itu sendiri dan memastikan tidak terjadi penimbunan," katanya.

"Kita yakin stok cukup. Jangan sampai masalah distribusi menimbulkan masalah dan kepanikan masyarakat," demikian Ichsan Firdaus.


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015