Semuanya atlet dalam kondisi siap, hari ini pelatih mempersiapkan strategi untuk esok hari
Singapura (ANTARA News) - Pelari jarak 5.000 meter putri Indonesia, Triyaningsih mengemban misi mempertahankan medali emas pada cabang atletik SEA Games 2015 yang akan digelar di National Stadium Singapura mulai Selasa (9/6).

"Semuanya atlet dalam kondisi siap, hari ini pelatih mempersiapkan strategi untuk esok hari," kata Manajer Tim Atletik Indonesia Paulus Lay di Singapura, Senin.

Ia menyebutkan emas pertama dari nomor jalan cepat 20 kilometer yang diraih pada hari pertama oleh Hendro menjadi motivasi dalam perburuan emas pada beberapa hari ke depan.

Besok, Indonesia akan turun pada nomor 100 meter putri, decathlon serta nomor jarak 5.000 meter putra dan putri.

Pada nomor 5000 meter putri, Triyaningsih yang merupakan pemegang medali emas SEA Games 2013 Myanmar kali ini mengemban misi untuk mempertahankan medali yang diraihnya dua tahun lalu.

Selain pemegang emas, Triyaningsih juga pemegang rekor SEA Games dengan 15 menit 54,32 detik. Pada nomor tersebut, pelari yang membela Indonesia pada nomor marathon di Olimpiade London 2012 itu akan berjuang dengan rekannya Rini Budiarti.

Pelari Indonesia itu akan bertanding dengan delapan atlet lainnya yakni Thi Tuyn Truong (Vietnam), Nelia Martins (Timor Leste), Pa Pa Malaysia, Thi Hue Pham (Vietnam), Bi Qi Qua dan Phyu War Thet (Myanmar).

Selain itu pada bagian putra, Agus Prayogo yang juga pemegang emas SEA Games 2011 di Palembang juga cukup diunggulkan bersaing dengan atlet dari delapan negara yang turun di nomor itu antara lain Jeevanees Soundarajah (Singapura), San Naing (Myanmar), Quoc Luat Do (Vietnam), dan Natawutt Innum (Thailand).

Pada nomor 100 meter, Indonesia akan menurunkan Suwandi dan Utami Tri. Sementara itu Zakaria Malik akan turun pada nomor decathlon. Sementara itu untuk nomot lontar martil putra dan putri, Indonesia tidak menurunkan atletnya.

"Kekuatan memang telah terpetakan dari beberapa ajang kejuaraan sebelumnya, dan kami berharap tidak ada kendala bagi atlet," kata Paulus Lay.

Hingga Minggu (7/6) kemarin, telah empat nomor yang dipertandingkan yakni marathon putra dan putri serta jalan cepat 20 kilometer putra dan putri.

Vietnam sementara berada di peringkat teratas cabang atletik dengan satu emas satu perak dan tiga perunggu, Thailand satu emas dan satu perak dan Indonesia satu emas yang diraih Hendro pada nomor jalan cepat 20 kilometer putra.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015