Solo (ANTARA News) - Kabar baru terkait kehidupan keluarga Presiden Joko Widodo mencuat pada pertengahan April 2015.

Publik segera memberi perhatian tersendiri atas informasi terbaru saat itu bahwa keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyelenggarakan pernikahan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Informasi atas rencana itu sedang banyak dibahas publik dalam beberapa hari terakhir dan beberapa hari ke depan.

"Jokowi mantu," kata seorang ibu menyampaikan maksud kepergiannya ke Solo (Jawa Tengah) dalam perbincangan dengan kerabatnya di ruang tunggu Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin siang.

Publik masih penasaran akan seperti apa dan bagaimana suasana pernikahan itu?

Bagaimanapun suasananya, yang pasti--berdasarkan penelusuran data di media--pernikahan ini adalah hajat pernikahan pertama anak seorang presiden yang diselenggarakan di luar Ibu Kota Jakarta. Karena diselenggarakan di luar ibu kota, maka tamu undangan dari ibu kota dan lainnya "kondangan"-nya ke Solo.

Kebetulan pihak calon pengantin perempuan (keluarga Selvi) adalah warga Solo dan dalam adat Jawa, penyelenggara sebuah akad nikah adalah pihak perempuan. Pihak calon pengantin pria bisa menyelenggarakan resepsi setelah seluruh kegiatan yang diselenggarakan pihak perempuan termasuk akad nikah dan resepsi tuntas.

Kalau pihak calon pengantin pria ingin menyelenggarakannya di kemudian hari maka disebut "ngunduh mantu". Ini lebih ke acara resepsi yang diselenggarakan sepenuhnya di tempat keluarga pengantin pria atau tempat lain yang ditentukan oleh keluarga.



Tampil

Rencana pernikahan Gibran dengan Selvi Ananda secara resmi disampaikan Ibu Negara Iriana Jokowi dalam jumpa pers di Graha Saba Buana di wilayah Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari, Selasa, 14 April 2015 pukul 19.00 WIB.

Saat itu, Gibran dan Selvi juga hadir ke publik untuk pertama kalinya. Kehadirannya menandai bahwa rencana pernikahan itu akan mendapat perhatian publik dan media.

Iriana Jokowi tampak selalu menebar senyum ke para wartawan yang hadir saat itu. Hal serupa juga ditunjukkan oleh Gibran dan Selvi.

Betapapun persiapan sebuah hajatan termasuk pernikahan membutuhkan waktu dan tenaga, rasa bahagia selalu terpancar pada setiap orang tua yang akan "mantu" (menikahkan).

"Kedatangan ke Solo benar untuk mengurus pernikahan anak saya Gibran dengan Selvi," ujar Iriana saat itu.

Ibu Negara mengatakan, persiapan terus dilakukan pihak keluarga. Khusus untuk undangan tamu, pihak keluarga Presiden Jokowi melakukan pendataan. Hal itu mengingat banyak keluarga, saudara dan kerabat yang harus diundang. Tidak hanya dari Solo saja, tapi juga luar daerah.

Ibu Iriana menyampaikan rencana pernikahan awal Juni dan waktu itu untuk tanggal pasti belum ditentukan.

Semua tanggal baik namun pihak keluarga tetap mencari sesuai adat Jawa.

"Semua tanggal baik dan kami dengan keluarga Selvi sudah saling ketemu untuk menentukan hari pelaksanaannya," katanya.

Pernikahan ini akan dikemas menggunakan adat Jawa.

Hari pernikahan anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda akhirnya terungkap. Pasangan itu akan menikah pada 11 Juni.

Kepastian tanggal pernikahan itu diungkap oleh ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo.

"Tanggal 11 Juni," katanya saat ditemui di Pedaringan Solo, Jumat, 24 April 2015.

Menurut Sujiatmi, pernikahan tersebut akan digelar di Gedung Grha Saba Buwana di Solo.

Iriana diketahui telah memesan pakaian pengantin kepada dua perancang busana di Solo, Tuti Adib dan Hanif Aisyah Nanjaya.

Sedangkan urusan katering akan diurusi oleh keluarga.

"Kan punya usaha katering sendiri," kata Sujiatmi waktu itu. Usaha yang dia maksud adalah perusahaan Chilli Pari milik Gibran.

Kini banyak pihak sedang menyongsong seluruh rangkaian acara pernikahan tersebut.

Oleh Sri Muryono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015