Bandung (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Mochamad Basoeki Hadimoeljono menyatakan daerah irigasi Bendungan Copong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah dapat beroperasi Juli 2016.

"Ini akan kita operasikan nanti 2016 kalau bendungnya sudah selesai, tinggal jaringan irigasinya," kata Basoeki saat kunjungannya di Pendopo Kabupaten Garut, Jabar, Senin.

Ia menuturkan, pembangunan Bendung Copong itu dianggarkan sebesar Rp380 miliar yang akan memberikan manfaat untuk areal pertanian seluas 5.300 hektare.

"Jaringan irigasi sebelah kiri itu ada dua ribu sekian hektare (pertanian), sebelah kanan tiga ribu hektare, total lebih dari lima ribu hektare," katanya.

Ia berharap, Bendung Copong itu memberikan dampak untuk meningkatkan produksi padi yang dapat menyumbang swasembada pangan nasional.

Menurut dia, sawah seluas 5.300 hektare tersebut berfungsi optimal dua kali panen dalam setahun maka akan menghasilkan gabah sebanyak 70 ribu ton dari perhitungan setiap satu hektare menghasilkan 7 ton gabah.

"Sudah 70 ribuan ton gabah kering giling misalnya, itu bisa meningkatkan produksi beras kita," katanya.

Bendung Copong Sungai Cimanuk itu memiliki saluran utama sepanjang 14,922 kilometer dan pembangunan saluran sekunder sepanjang 29,981 kilometer.

Bendung itu disertai pembangunan 518 bangunan irigasi, rehabilitasi saluran utama sepanjang 2,962 kilometer, rehabilitasi saluran sekunder sepanjang 69,575 kilometer, dan rehabilitasi 176 bangunan irigasi.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015