Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Bambang Brodjonero mengikuti Sidang Tahunan IDB (Islamic Development Bank) ke-40 di Maputo, Mozambik, yang berlangsung mulai 7 Juni hingga 11 Juni 2015 dan dihadiri oleh 56 negara anggota, termasuk Indonesia.

Menteri Keuangan RI, sebagai salah satu Gubernur IDB, menghadiri sidang tahunan tersebut untuk mengevaluasi kinerja IDB dan menerima pelimpahan keketuaan Dewan Gubernur IDB, demikian siaran pers Kementerian Keuangan yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Dalam sidang tahunan tersebut, Menteri Keuangan akan menyampaikan pidato yang berisi tiga hal utama, yaitu aktivitas pembiayaan IDB, pengisian jabatan senior di IDB, dan peranan bank dalam investasi infrastruktur di negara anggotanya.

Menteri Keuangan mengapresiasi upaya IDB untuk melakukan ekspansi pembiayaan dan memobilisasi pembiayaan untuk anggota IDB, khususnya strategi bank dalam menerbitkan sukuk secara global dan upaya mempromosikan industrI keuangan Islam secara umum.

Menteri Keuangan juga mendorong IDB untuk lebih kuat dalam memberikan asessment pemberian utang agar penurunan pendapatan bersih tahun 1435 H (2014) sebesar 17 persen dapat diatasi di tahun-tahun mendatang.

Menteri Keuangan juga terus mendorong IDB memperbaiki proses pencairan bank untuk memastikan bahwa pembiayaan proyek-proyek penting dapat dimobilisasi secara lebih cepat.

Terkait dengan manajemen bank, Menteri Keuangan juga mendorong IDB untuk segera mengisi kekosongan dua posisi penting di IDB yaitu Wakil Presiden Keuangan dan Wakil Presiden Operasi. Pengisian jabatan tersebut harus menggunakan merit system untuk menjamin hanya kandidat terbaik yang akan mengisi posisi tersebut.

Menteri Keuangan menekankan pentingnya IDB dalam mendorong pembiayaan infrastruktur dengan menciptakan lembaga khusus pembiayaan infrastruktur dengan berdasarkan prinsip-prinsip syariah sebagai salah satu cara membantu negara anggota IDB untuk mencapai tujuan pembangunan infrastrukturnya.

Dalam hal ini, Indonesia telah mempunyai pengalaman dan menawarkan kesediaanya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan negara-negara anggota IDB lainnya.

Pada sidang tahunan IDB ke-40 tersebut juga dipastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan sidang tahunan IDB ke-41 di Jakarta pada 2016. Pada pidatonya, Menteri Keuangan akan menyampaikan undangannya kepada seluruh delegasi Sidang Tahunan IDB ke-40 untuk menghadiri Sidang Tahunan IDB ke-41 di Jakarta. 

Pewarta: Budi Suyanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015