Kendari (ANTARA News) - Sebanyak 1.004 orang pengawas, disiapkan untuk mengawasi pelaksanaan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) lingkup Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Wakil Rektor Bidang Akademik UHO La Rianda, di Kendari mengatakan, 1.004 pengawas tersebut dipersiapkan untuk mengawasi peserta SBMPTN yang tersebar di 502 ruangan yang telah dipersiapkan.

"Untuk SBMPTN kali ini kita menyiapkan sebanyak 502 ruangan ujian dan masing-masing ruangan akan diawasi oleh dua orang pengawas," ujarnya.

Ia menambahkan, ruangan yang digunakan sebagai lokasi tes tersebar di seluruh gedung lingkup UHO, baik fakultas, program studi maupun pasca sarjana.

Selain itu juga digunakan ruangan di 5 sekolah yang ada di Kota Kendari yakni SMAN 1 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMKN 1 Kendari, SMPN 1 Kendari dan SMPN 10 Kendari.

Menurutnya, secara nasional yang memilih UHO pada SBMPTN sekitar 26.000 calon mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan yang mengikuti ujian pada panitia lokal di kampus tersebut lebih dari 10.000 orang dan yang akan diterima melalui jalur SBMPTN sebanyak 4.000 mahasiswa.

"Pendaftar kita yang melalui jalur SBMPTN tahun ini mengalami peningkatan, hal tersebut menunjukkan bahwa capain prestasi di bidang akademik yang telah kita raih menjadi sebuah acuan bagi calon mahasiswa untuk kuliah di sini," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk kategori soal ujian pada SBMPTN masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya dengan tiga pilihan yang ada yakni sains teknologi, sosial humaniora dan campuran.

Ia juga mengharapkan bagi peserta yang saat ini sedang melakukan ujian untuk bisa menjawab pertayaan dengan baik dan benar sebab persaiangan untuk masuk ke perguruan tinggi tersebut sangat ketat.

Pewarta: La Ode Abdul Rahman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015