Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno melantik tiga pejabat tinggi madya eselon I yang disesuaikan dengan perubahan nama jabatan baru struktur organisasi di Kementerian BUMN.

"Kementerian BUMN punya struktur organisasi yang baru yang sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Tiga deputi yang dilantik adalah Gatot Trihargo dengan jabatan baru Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi. Gatot sebelumnya adalah Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lain.

Muhamad Zamkhani menempatai jabatan baru Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi, semula menjabat Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Industri Strategis, sedangkan Dwijanti Tjahjaningsih yang semula menjabat Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik dan Perhubungan, dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Tata Kelola, Sinergi dan Investasi.

Menurut Rini, jumlah pejabat eselon I menjadi 10 orang dan diumumkan secara bertahap yang seluruhnya berdasarkan hasil lelang jabatan dan hasil seleksi Tim Penilai Akhir (TPA).

"Kami mengharapkan para pejabat baru dan yang akan dilantik dapat berupaya lebih keras lagi, bekerja lebih cepat, dan berpikir "out of the box" dalam menyokong kinerja BUMN di tengah perubahan," ujar Rini.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2015 tentang Kementerian BUMN pada 1 April 2015. Kini, ada delapan eselon I yaitu Sekretariat Kementerian, Deputi bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi, Deputi bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata.

Selanjutnya Deputi bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media, Deputi bidang usaha Konstruksi dan Sarana, dan Prasarana Perhubungan, Deputi bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan, Deputi bidang Restrukturisan dan Pengembangan Usaha, Deputi bidang Infrastruktur Bisnis.

Selain itu juga ada dua tambahan staf ahli, yakni Staf Ahli bidang Komunikasi Strategis dan Hubungan Industrial dan Staf Ahli bidang Tata Kelola, Sinergi, dan Investasi.

Saat acara pelantikan sederhana tersebut, Rini dan para pejabat eselon I kompak mengenakan kemeja putih.

Hadir juga Dirut PT Pegadaian Riswinandi, Dirut PT Angkasa Pura (AP) I Tommy Sutomo, Dirut PT AP II Budi Karya, Dirut PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Dirut PT Pelindo III Djarwo Surjanto, Dirut PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Adityawarman, Dirut PT Adhi karya Tbk (ADHI) Kiswodarmawan.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015