Jadi, perpaduan usia muda, kreativitas dan kesempatan membuat desainer muda mampu menciptakan kreasi baru. Mereka jadi lokomotif di kerajinan, furnitur hingga desain interior,"
Jakarta (ANTARA News) - Kiprah para desainer muda diakui menjadi salah satu pendorong utama pengembangan produk kerajinan di Tanah Air, di mana bekal interaksi dengan dunia luar dan pendidikan membuat mereka terbuka pada ide-ide baru.

"Jadi, perpaduan usia muda, kreativitas dan kesempatan membuat desainer muda mampu menciptakan kreasi baru. Mereka jadi lokomotif di kerajinan, furnitur hingga desain interior," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin usai menghadiri pembukaan pameran iCraft di JCC, Jakarta, Rabu.

Pameran yang dihelat Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) tersebut merupakan ajang menggelar karya produk interior dan industri kreatif Indonesia berbasis kriya.

Pada acara yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tersebut, Menperin menyebutkan, perlunya mempersiapkan generasi selanjutnya dari para desainer muda saat ini.

Selain itu, lanjutnya, industri kreatif bakal terus didorong karena sarat potensi menembus pasar dalam negeri maupun ekspor, terlebih bahan baku industri mebel dan kerajinan mencapai 100 persen.

"Industri kreatif itu multi-impact, menciptakan lapangan kerja terlatih dan terdidik, mendongkrak nilai tambah dari bahan mentah hingga dijual dalam dollar untuk ekspor," ujarnya.

Lebih lanjut, tiap daerah diharapkan memacu masing-masing produk yang diunggulkan. Termasuk modifikasi motif lokal yang diyakini meningkatkan keunikan masing-masing produk.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015