Tunis (ANTARA News) - Angkatan Laut Tunisia menyelamatkan lebih dari 350 pendatang gelap dan mencari ratusan orang lagi yang hilang, Rabu (10/6), ketika mereka mengarungi laut dari Libya menuju pulau Lampedusa di Italia, kata Palang Merah setempat.

Beberapa bulan terakhir ini pihak berwenang di Tunisia menyelamatkan puluhan orang yang menumpang perahu butut yang tidak aman dari tengah laut.

"Pasukan AL telah menyelamatkan sekitar 350 pendatang gelap di dekat pantai Ben Guerdane dari perahu yang berangkat dari Libya," kata wakil Palang Merah setempat, Abdel Karim Rguiyi kepada Reuters.

Ben Guerdane adalah kota pantai yang letaknya di seberang perbatasan Libya dan tidak jauh dari pulau wisata Djerba.

Konflik di Libya antara pemerintah dan angkatan bersenjata telah merusak tatanan hukum dan membuat para penyelundup manusia dengan cepat memanfaatkan situasi dengan mengirim ribuan pendatang gelap menyeberangi Laut Tengah menuju daratan Eropa.

Para pemimpin Eropa semakin cemas Libya akan menjadi negara yang gagal bila faksi pesaing tidak menerima kesepakatan perdamaian yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015