Solo (ANTARA News) - Berbagai menu makanan khas Indonesia, khususnya Jawa terhidang dalam perhelatan resepsi putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda di Graha Saba Buana, Solo, Jateng, Kamis.

Di antara hidangan yang seluruhnya disajikan oleh katering Gibran, Chilli Pari, ada satu hidangan yang sangat menarik perhatian, martabak Kota Baru atau yang populer disingkat "markobar".

"Markobar" dalam pernikahan Gibran-Selvi tersedia dalam 16 rasa antara lain rasa green tea, coklat kitkat, van houten, catburry, oreo dan chunky bar, ovomaltine dan lain-lain.

Di dalam gubukan markobar sendiri, tampak delapan orang petugas yang sibuk menyiapkan martabak dari mulai membuat adonan, memasak martabak diatas loyang khusus hingga menaburkan 16 topping.

Salah seorang petugas mengatakan, mereka sengaja membawa sebanyak delapan loyang khusus yang dipergunakan untuk membuat adonan martabak langsung ditempat acara. "Ini dimasak disini dan langsung dapat dihidangkan kepada para tamu,jadi langsung bisa dimakan dalam keadaan panas," kata dia.

Menurutnya, dari 16 rasa yang dihidangkan, yang paling diminati oleh para tamu yaitu martabak dengan rasa green tea, coklat kitkat, van houten, catburry, oreo dan chunky bar. "Rasa keju yang juga jadi favorit para tamu," kata petugas itu.

Sebelumnya, dalam konferensi pers Gibran mengatakan markobar akan menjadi salah satu menu spesial di resepsi pernikahannya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015