Mamuju (ANTARA News) - Sebanyak 65 penumpang kapal laut, yang tenggelam di perairan Sulawesi Barat, ditemukan dalam kondisi selamat setelah ditolong kapal perang milik Amerika Serikat.

"Sebanyak 65 orang penumpang Kapal Motor (KM) Titian Muhibah yang dilaporkan sebelumnya tenggelam diperairan Sulbar ditemukan selamat," kata Kepala Petugas Jaga Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulbar Swandy di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, KM Titian Muhibah yang berlayar dari Bontang, Provinsi Kalimantan Timur menuju Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dilaporkan tenggelam sejak Senin (8/6) sekitar pukul 23.00 Wita akibat cuaca buruk.

Menurut dia, 65 orang dari seluruh penumpang di kapal yang diduga angkutan gelap karena tidak memiliki izin berlayar mengangkut penumpang itu ditemukan selamat setelah kapal perang milik Amerika USS Rushumore melintas di perairan Sulbar.

"Kapal perang Amerika itu lansung menyelamatkan penumpang yang terapung di laut kemudian mengevakuasi menuju Kota Balikpapan," katanya.

Menurut dia, kapal perang Amerika tersebut dilaporkan secara kebetulan melintas diperairan Sulbar untuk mengikuti latihan perang di Manado, Sulawesi Utara.

Ia mengatakan, dari laporan yang masuk di BPDB Sulbar dari Badan SAR Nasional (Basarnas) dan pihak keluarga korban maupun dari penumpang selamat masih terdapat 20 penumpang lainnya dinyatakan hilang dalam belum ditemukan.

"Masih dilakukan penyisiran di perairan Sulbar mencari korban kapal tenggelam itu," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015