Tangerang (ANTARA News) - Kementrian Perdagangan mengadakan "Pemeran Sayur dan Buah Mall to Mall" dalam memperkuat pasar dalam negeri.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Tangerang, Banten, Jumat, mengatakan, kegiatan ini adalah terobosan dalam mendekatkan petani buah dan sayuran kepada konsumen.

"Kegiatan strategis ini dilaksanakan Kemendag secara berkelanjutan, dari mall to mall," kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Mal Alam Sutera.

Dijelaskan juga, kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 12 hingga 14 Juni 2015 tersebut sebagai bentuk pemangkasan jalur distribusi sehingga komoditas petani dapat langsung di jual kepada para pengunjung mal atau pusat perbelanjaan dengan harga yang lebih terjangkau.

Mendag menuturkan, pameran ini pun penting untuk meningkatkan daya saing produk buah dan sayuran domestik.

"Pameran Sayur dan Buah Lokal Mall to Mall juga bertujuan meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat untuk mengonsumsi sayuran dari petani lokal," tegas Mendag.

Rachmat juga memberikan apresiasi kepada pengelola pusat perbelanjaan/Mal karena ikut serta sesuai yang diamanatkan dalam Permendag No. 70 tahun 2013 yaitu tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern.

Mendag juga meyakini, kegiatan ini tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan para petani, tapi juga dapat membuka penyediaan lapangan kerja, membuka wirausaha baru dan basis ketahanan ekonomi rakyat sebagai upaya penguatan pasar dalam negeri.

"Ini merupakan kontribusi nyata mereka dalam mendukung pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar dapat terus tumbuh dan berkembang serta mendukung pengembangan produk dalam negeri," ujar Mendag.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Srie Agustina menambahkan, pemilihan mal/pusat perbelanjaan sebagai lokasi pameran bertujuan untuk mengedukasi konsumen jika hasil hortikultura petani Indonesia sehat, aman dan higines serta tidak kalah dengan produk impor.

Kemendag ingin mendekatkan hasil produksi hortikultura Indonesia khususnya sayur dan buah lokal ke masyarakat kalangan menengah ke atas sebagai pengunjung pusat perbelanjaan dan mal.

"Nantinya, penjualan aneka buah dan sayuran akan ditata hingga menarik pembeli untuk membelinya," katanya.

Aneka ragam sayur-mayur dan buah-buahan lokal yang di jual di pameran ini seperti sayuran dari Lembang, Cianjur, dan Sukabumi. Buah-buahan seperti pepaya kalina, pisang raja bulu, pisang tanduk, kacang tanah, alpukat mentega, buah naga, serta sayuran dari Sukabumi dan nanas Prabumulih.

Setelah pelaksanaan di Mal Alam Sutera, pameran akan dilaksanakan di beberapa pusat perbelanjaan/mal terkemuka di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Antara lain Mall Kelapa Gading 3, Pondok Indah Mall 3, Gandaria City, Cilandak Town Square, Senayan City, Summarecon Mall Serpong, Taman Mini Square, Mall Puri Indah, Mall Kota Kasablanka, Bintaro Xchange Mall, Sumarecon Mall Bekasi, Margo City Depok, Depok Town Square, dan Grand Metropolitan Mall.

Pameran ini pun didukung oleh Kementerian Pertanian dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan, Yayasan Kedaulatan Pangan Nasional, LEPEK Pangan, serta Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015