Barcelona (ANTARA News) - Aleix Espargaro memecahkan rekor putaran tercepat untuk meraih posisi start terdepan di Grand Prix Catalunya, di mana Maverick Vinales menduduki posisi di belakangnya pada Sabtu, ketika pasangan Suzuki itu secara mengejutkan menguasai posisi-posisi terdepan di grid MotoGP.

Catatan waktu satu menit 40, 546 detik membuat pebalap Spanyol Espargaro menduduki posisi start terdepan untuk kedua kali sepanjang karirnya di MotoGP, dan yang pertama kali untuk Suzuki sejak 2007.

Kompatriotnya Vinales lebih lambat 0,083 detik di belakangnya dan pebalap Yamaha Jorge Lorenzo, yang memenangi tiga balap terakhir, berada di posisi ketiga.

"Dengan ban pertama saya mendorongnya namun tidak sampai melampaui batas. Pada yang kedua saya nyaris terjatuh di tikungan terakhir, saya mendorongnya terlalu kuat," kata Espargaro, yang menghuni peringkat ke-11 di klasemen pebalap, kepada para pewarta.

"Ini merupakan hadiah untuk Suzuki, mereka telah bekerja begitu keras untuk ini dan sekarang mudah-mudahan besok saya dapat berada di podium."

Juara dunia Marc Marquez, yang mengalami kesulitan dengan sepeda motor Hondanya tahun ini, akan start dari posisi keempat, dan pebalap Yamaha Valentino Rossi, yang memuncaki klasemen pebalap dengan 118 angka dari enam balapan, meneruskan penampilan buruknya di kualifikasi dan akan memulai balap dari posisi ketujuh.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015