Jakarta (ANTARA News) - Panitia Jakarta Fair Kemayoran menyiapkan 2.000 takjil gratis untuk pengunjung selama bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

"Panitia menyiapkan 2.000 takjil gratis dan acara buka bersama," kata Marketing director PT JIExpo Ralph Scheunemann di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dilangsungkan di area panggung utama setiap menjelang jam berbuka puasa, sambil diisi oleh ceramah tausiyah dari para ustadz dan diakhiri dengan salat maghrib berjamaah.

"Pada waktu berbuka puasa sampai tarawehan, suasana di arena dan stand-stand tidak boleh lagi pakai loud speaker karena acara semua baru mulai setelah tarawih selesai," jelas Ralph.

Berbagai program acara Ramadhan sengaja disiapkan oleh panitia agar Jakarta Fair Kemayoran menjadi destinasi wisata belanja dan arena hiburan keluarga tanpa mengurangi kekhusukan umat Islam dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

Selepas itu, area panggung konser musik 38 hari nonstop di Jakarta Fair akan disulap menjadi tempat shalat tarawih yang menampung ribuan jamaah. Panitia juga menyiapkan area salat di setiap hall.

Setelah itu, Jakarta Fair Kemayoran juga dimeriahkan pesta kembang api berdurasi tiga menit dari tanggal 17-22 Juni usai shalat tarawih.

"Ini pertama kali kami lakukan, karena pesta kembang api di bulan Ramadhan menjadi tradisi di Indonesia. Pesta kembang api ini dilakukan agar ada unsur kemeriahan," ujar Ralph.

Setelah semua kegiatan ibadah Ramadhan selesai, area panggung utama kembali disulap menjadi arena konser musik seperti biasanya.

Selama bulan Ramadhan, panitia tidak hanya menampilkan band dan penyanyi top Indonesia tetapi juga berbagai pertunjukan seni budaya islami baik di pannggung utama maupun panggung budaya Gambir Expo.

Beberapa yang dijadwalkan mengisi acara selama Ramadhan adalah pertunjukan rampak beduk, marawis, dangdut religi, dan juga kontes pemilihan Ramadhan Kids Talent. Mereka akan tampil meramaikan Jakarta Fair bergiliran dengan penampilan penyanyi dan bang top Indonesia seperti Slank, Iwan Fals, Raisa, Afghan, Nidji, Superman is Dead, dan lainnya.

Selain itu, pihak panitia Jakarta Fair juga menyiapkan program belanja berkah Ramadhan. Cukup dengan berbelanja minimal Rp500 ribu (berlaku kelipatan) di semua stand, para pengunjung akan mendapatkan kupon undian dan berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah diantaranya enam unit sepeda motor serta puluhan smartphone dan gadget.

Jam buka Jakarta Fair di bulan Ramadhan tidak mengalami perubahan, yakni mulai pukul 15.30 WIB pada hari biasa dengan tiket masuk Rp25 ribu, dan mulai pukul 20.00 WIB pada akhir pekan dengan tiket masuk Rp30 ribu. Setiap hari Senin tiket masuk hanya diberlakukan Rp20 ribu saja.

Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015