Jakarta (ANTARA News) - Bolivia mengalahkan Ekuador 3-2 pada laga kedua Grup A Piala Amerika 2015 di Stadion Elias Figueroa Valparaiso, Chile, Selasa pagi WIB.

Peluang Ekuador lolos ke babak selanjutnya nyaris tertutup karena kalah pada dua laga, namun masih bisa menjadi peringkat tiga terbaik jika menang besar melawan tuan rumah Chile pada laga terakhir.
 
Di sisi lain, kemenangan 3-0 ini membuat Bolivia menjadi pimpinan sementara Grup A dengan empat poin hasil satu menang dan satu seri. 

Bolivia sudah unggul 3-0 pada babak pertama berkat gol Ronald Raldes, Smedberg, dan penalti Marcelo Moreno. Namun pada babak kedua Ekuador mencetak dua gol untuk memperkecil kekalahan.

Tim asuhan Mauricio Soria sudah unggul cepat pada menit ke-4 setelah kapten Ronald Raldes menyelesaikan umpan Zenteno dengan sundulan yang tidak mampu ditepis kiper Ekuador.

Bolivia menambah gol melalui sepakan jarak jauh Martín Smedberg usai menerima umpan pendek Zenteno pada menit 17.

Ekuador mendapatkan hadiah penalti setelah Zenteno melanggar Enner Valencia pada menit 37, namun Enner Valencia gagal memanfaatkan penalti karena arah bola terbaca kiper Bolivia.

Bolivia semakin unggul setelah Marcelo Moreno mengeksekusi penalti pada menit 43. Hadiah itu didapatkan setelah tendangan bek Ekuador, Erazo, mengenai wajah Lizio yang sedang berusaha merebut bola di kotak penalti.

Pada babak kedua, Ekuador membalas dengan gol Jefferson Montero usai memaksimalkan umpan Enner Valencia pada menit 47.  Lalu pada menit 64 Quinonez menyelamatkan gawang Bolivia dari tendangan keras Enner Valencia.

Ekuador kian bersemangat ketika sepakan jarak jauh Miller Bolanos dari tengah lapangan pada menit 81 memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3, namun ini adalah gol terakhir sehingga Bolivia menang 3-2 atas tim asuhan pelatih Gustavo Quinteros itu.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi Conmebol:

Ekuador (4-2-3-1) : Dominguez, Erazo, Paredes (Angulo), Ayovi, Achilier, Noboa, Montero, Bolanos, Martinez (Ibarra), Quinonez (Cazares), Enner Valencia .

Bolivia (4-4-2) : Quinonez, Hurtado, Morales, Raldes, Zenteno, Chumacero, Bejarano, Martin Smedberg, Lizio (O. Bejarano), Marcelo Moreno (Mercado), Pedriel (Coimbra).

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015