Miami (ANTARA News) - Adik mantan presiden Amerika Serikat George Bush --Jeb Bush-- akhirnya resmi mengumumkan pencalonannya untuk Pemilu Presiden 2016. Dia memiliah Miami Dade College sebagai tempatnya mengumumkan pencalonan itu.

"Saya telah memutuskan. Saya calon presiden Amerika Serikat," umum dia di universitas itu seperti dikutip AFP.

"Kita telah membuat Florida nomor satu dalam penciptaan lapangan kerja dan nomor satu untuk penciptaan usaha kecil," kata dia seraya menyatakan dia bisa memangkas pajak 19 miliar dolar AS.

Mantan gubernur Florida itu menegaskan bahwa sebagai presiden nanti dia akan membawa Washington keluar dari masalah.

Pria berusia 62 tahun itu menyerang pemerintahan Presiden Barack Obama yang disebutnya telah meninggalkan warisan-warian buruk berupa krisis yang tak bisa ditanggulangi, kekerasan yang tak terlawan, musuh-musuh laten, sekutu yang ditinggalkan dan aliansi yang retak.

"Anda dan saya tahu bahwa Amerika layak mendapatkan yang lebih baik," kata dia.

Pencalonannya diapresiasi sejumlah kalangan. "Bagi saya nama terakhir itu mendatangkan banyak respek," kata Carlos Musivay, seorang pengusaha yang datang menghadiri pengumuman Jeb Bush itu kepada AFP.

Namun massa akar rumput konservatif mengutarakan keskeptisannya dengan menyebut Bush tidak mampu meninggalkan yang menarik sejak meninggalkan posisi gubernur delapan tahun silam.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015