Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan keinginan agar perusahaan besutan Steve Job Apple Inc mengikuti langkah PT Samsung Electronics Indonesia untuk membangun pabrik telepon seluler di Tanah Air.

"Pembangunan pabrik Samsung bisa menjadi contoh yang sangat baik untuk produsen ponsel lainnya. Kami harapkan Apple dan merek lainnya juga bisa membangun pabrik di sini," kata Menperin di Jakarta, Selasa.

Menperin mengatakan, upaya tersebut berkaitan dengan Industri elektronika yang termasuk didalamnya adalah telepon seluler, masuk ke dalam salah satu industri prioritas yaitu kelompok industri dengan pertumbuhan tinggi.

Selain itu, tambahnya, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk telepon seluler juga perlu diperhatikan, pasalnya, seluruh merek telepomn seluler harus memiliki pabrik di Indonesia pada 2017, dengan TKDN mencapai 30 persen.

"Saya bahkan akan bertemu pihak Apple sore ini. Salah satu yang akan saya sampaikan adalah agar Indonesia dijadikan basis produksi, tidak hanya sebagai market," ujarnya.

Menurut jadwal dari Pusat Komunikasi Publik Kemenperin, Menperin dijadwalkan menerima Vice President of Operation Apple Patrick Murphy dan Director of ITand Learning Technologies Apple Gordon Shutwik pukul 15.00 WIB di Ruang Tamu Kemenperin.

Menperin dijadwalkan akan didampingi Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Suyjawirawan.

Pewarta: Stella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015