Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Wattimena meminta Kementerian PU dan Perumahan Rakyat untuk mengantisipasi dan mengatasi masalah infrastruktur seperti jalan dan jembatan serta permasalahan transportasi lain menjelang puasa dan Idul Fitri.

Michael Wattimena juga meminta Kementerian Perhubungan agar mampu mengelola transportasi saat mudik Lebaran.

"Antisipasi dan kesiapan tersebut memberikan kenyamanan kepada masyarkat yang akan mudik Lebaran usai menjalankan ibadah puasa tahun ini. Kepada kedua kementerian itu sebaiknya membuat perencanaan yang matang menghadapi Idul Fitri tahun ini," kata Michael Wattimena di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Politisi Partai Demokrat itu berharap, dengan adanya perbaikan infrakstruktur jalan, jembatan yang dilaksanakan jauh-jauh hari agar memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dalam bepergian.

Pesan khusus juga disampaikan kepada Kementrian Perhubungan yang perlu memikirkan pola dalam mengatasi jalur mudik seperti perbaikan jalur utama dan jalur alternatif.

"Karena dipastikan saat jelang mudik banyak saudara muslim kita yang akan pulang ke kampung halaman mencari jalur alternatif, Jalur alternatif sangat penting, karena menghindari lonjakan kemacetan seperti terminal dan pasar tumpah. Begitu juga jalur lintasan utama, karena dipastikan volume kendaraan jelang mudik diprediksi meningkat," demikian Michael.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015