Jakarta (ANTARA News) - Komisi V DPR RI meminta Kementerian Perhubungan untuk fokus menyelesaikan pembangunan beberapa ruas jalan Pantura dan Tol Kanci Palimanan. Diharapkan, penyelesaian pembangunan beberapa ruas jalan itu bisa memperlancar arus mudik dan balik Idul Fitri 2015.

"Kita dengan Kementerian Perhubungan, Kemeterian Pekerjaan Umum untuk memaksimalkan penyelesaikan beberapa ruas tol seperti Kanci Palimanan dan bebebrapa ruas tol yang dalam proses penyelesaian. Ini untuk mengurai arus mudik dan balik Idul Fitri 2015," kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Khusus untuk Pantura, perawatan dan peningkatan infrastruktur terus dilakukan sembari mau bangun tol Jakarta-Surabaya "Kalau dari persiapan sekarang, kondisinya jauh lebih baik dan perlu dilakukan koordinasi dengan Kemhub, PU, Kepolisian. Kita sinergilah supaya arus mudik dan arus balik tahun ini dari tingkat kecelakaan, kenyamanan pemudik bisa tercapai," kata politisi PDIP itu.

Ia berharap mudk dan arus balik Idul Fitri 2015 kali ini betul-betul bisa menekan angka kecelakaan yang dari tahun ke tahun belum turun terlalu signifikan. Di tahun ini, belajar dari masa lalu, berapa hal yang kita selesaikan kita selesaikan dan agar situasi lebih baik.

Untuk pelabuhan-pelabuhan, ia meminta Pelindo sebagai pengelola agar meningkatkan pelayanan penumpang seperti pelayanan tiket.

"Khusus untuk pelabuhan-pelabuhan besar, saya pikir pebaikan-perbaikan pelayanan yang diutamakan, seperti pelayanan tiket, jangan over capacity karena terkit keamanan dan keselamatan penumpang," katanya.

"Ini kan masalah rutin tiap tahun dan kadang-kadang karena situasi yang mana orang membludak dan keterbatasan daya angkut, ini harus betul-betul kita sikapi. Kita sepakat agar zero to accident bisa diwujudkan, paling tidak kita upayakan tingkat kecelakaan di angkutan darat, laut darat bisa diminimalisir," demikian Lasarus.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015