London (ANTARA News) - KBRI Den Haag bekerjasama dengan Masyarakat Bulu Tangkis Indonesia di Belanda mengelar kejuaraan terbuka bulu tangkis MBI Cup II di Mariahoeve Sporthall, Den Haag, akhir pekan.

Sekretaris Pertama Pensosbud dan penanggung jawab kegiatan, Danang Waskito, Kamis menyampaikan Kejuaraaan MBI Cup II ini diikuti 160 atlet dan mempertandingkan single putra/putri, ganda putra/purtri dan ganda campuran dengan tiga katagori yaitu Advance (A), Intermediate (B) dan Recreation (C).

Kejuaraan MBI Cup II mempertandingkan total 227 partai menggunakan 17 lapangan badminton. Para pemain berasal dari warga negara Indonsia, Belanda, Jerman, Belgia dan Prancis.

Dibandingkan dengan pelaksanaan MBI Cup I tahun 2014, terjadi kenaikan signifikan dari jumlah dan kualitas pemain serta latar belakang kewarganegaraan, khususnya kategori A dan B. Para atlet mempunyai latar belakang usia yang beragam, dengan pemain termuda berumur 11 tahun.

Pada MBI Cup II sebagai juara untuk kategori Advance (A), tunggal putera Dharma Gunawi, juara II Andrie Ochtman, juara tunggal puteri Tak Ling Lam juara II Mirte van Lieshout juara ganda putri Jasmine Paap/Monique Slaman, juara II Jesscia Huster/Honorine de Keijzer dan juara ganda putera Seno The/Dharma G, juara II Teun Ijntema/Edward Tan dan juara ganda campuran Stenley Tumbuleka/Jasmine Paap, juara II Leon Ham/Feng Groothuijse.

Kategori intermediate (B), juara tunggal putera Wang Yanbo, juara II Jurjen van Pelt, juara tunggal puteri Su Ying Lau juara II Nia Poniah sedangkan juara ganda puteri Marscha van Beek/ Jennifer van Domburg , juara II Sita Tan /Manon Zonneveld dan juara ganda putera Jaka Santosa/Hendra Sinaga, juara II Reza Fahlevi /Stephen Aristo Wibowo, juaravganda campuran Hendra Sinaga/Claire Segijn, juara II Jaka Santosa/Els Dragt.

Kategori Recreation (C), juara tunggal putera Alex Sung, juara II Henry Tsui, kuaravtunggal puteri Kaylee van der Weel , juara II Gendolyn Snijders, juara ganda putera Dedi Laloan/ Joop Oei, juara II Januar Loing/Wim van Os.

KUAI RI Den Haag, Ibnu Wahyutomo,menyerahkan medali dan hadiah pembinaan kepada pemenang pertama dan kedua MBI Cup II, sekaligus menutup kejuaraan badminton terbuka yang berlangsung pada akhir pekan.

Beberapa peserta yang turut bertanding menyampaikan pertandingan tahun ini lebih berat mengingat lawan yang semakin tangguh. Arif Sobari, salah seorang peserta, menyampaikan tahun ini peserta lebih beragam selain dari Belanda dan Indonesia juga beberapa negara tetangga seperti Jerman, Belgia dan Prancis.

Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Azis Nurwahyudi menyebutkan
kejuaraan MBI Cup diselenggarakan KBRI Den Haag untuk kedua kalinya ditujukan untuk memperkuat kehadiran dan peran MBI di Belanda dalam memajukan prestasi dan kualitas atlet badminton di Belanda.

Disamping untuk mempromosikan metode pelatihan badminton yang selama ini dikembangkan bagi para atlet badminton di Indonesia, juga ingin memperkenalkan badminton sebagai salah satu cabang olahraga prestasi Indonesia, demikian Azis Nurwahyudi.

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015