Santiago, Chile (ANTARA News) - Kolombia berhasil mencuri kemenangan atas lawannya dalam laga lanjutan Piala Amerika 2015, Brasil, dengan skor akhir 1-0 di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, Chile, Kamis pagi WIB.

Gol semata wayang yang dilesakkan pemain belakang Jeison Murillo pada menit 36 mengantarkan Kolombia meraih tiga poin untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya setelah di laga pertama mereka dikalahkan Venezuela 0-1.

Dua kartu merah dikeluarkan wasit Enrique Osses, untuk penyerang Brasil Neymar dan penyerang pengganti Kolombia Carlos Bacca akibat kericuhan di pengujung laga.

Neymar, seolah melepaskan rasa frustrasinya atas kekalahan yang diperoleh dalam laga yang didominasi oleh Brasil dengan penguasaan bola 60 persen.

Namun meski penampilan penyerang Barcelona itu saling bahu membahu menciptakan ancaman ke gawang Kolombia bersama penyerang Hoffenheim, Roberto Firmino, sejak awal laga, namun 30 menit pertama upaya mereka tak membuahkan hasil.

Justru menit 36 Kolombia mencuri keunggulan lewat sebuah situasi bola mati yang dihadapi oleh Juan Cuadrado dan gagal disapu dengan baik oleh barisan pertahanan Brazil yang segera disambar oleh Murillo demi membawa timnya unggul 1-0.

Dua menit berselang Kolombia hampir menggandakan keunggulan, bila saja umpan berbahaya yang dilepaskan bek kiri Pablo Armero ke jantung pertahanan dapat disambut dengan baik oleh Radamel Falcao ataupun Teofilo Gutierrez.

Jelang turun minum penjaga gawang David Ospina berjibaku menyelamatkan gawangnya dari bola tandukan Neymar, sehingga menjaga kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Kolombia.

Awal babak kedua, Neymar kembali gagal mengkonversikan peluang berbahaya yang ia peroleh dan hanya diakhirinya dengan sebuah tendangan terlalu lemah yang bisa diantisipasi barisan pertahanan Kolombia.

Peluang demi peluang tersaji di hadapan anak-anak asuhan Carlos Dunga, namun mereka tak cukup tenang maupun tajam untuk mengubahnya menjadi gol penyama kedudukan maupun pembalik keadaan.

Hal itu harus dibayar mahal ketika akhirnya frustrasi melanda para pemain Brasil, saat di pengujung laga Neymar menendang bola ke arah Cristian Zapata tanpa alasan yang jelas dan memantik keributan yang berujung sang megabintang itu menanduk salah seorang pemain dalam proses tersebut.

Hasilnya dua kartu merah dikeluarkan wasit Osses untuk Neymar dan Bacca, keduanya tak bisa membela masing-masing tim saat melakoni laga penentuan saat Brazil menghadapi Venezuela dan Kolombia melawan Peru.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi CONMEBOL.

Brazil (4-2-3-1): Jefferson (PG); Dani Alves, Thiago Silva, Miranda, Filipe Luis; Elias (Diego Tardelli), Fernandinho; Willian (Douglas Costa), Neymar, Fred (Philippe Coutinho); Roberto Firmino
Pelatih: Carlos Dunga

Kolombia (4-2-2-2): David Ospina (PG); Juan Zuniga, Cristian Zapata, Jeison Murillo, Pablo Armero; Carlos Sanchez, Edwin Valencia (Alexander Meija); Juan Cuadrado, James Rodriguez; Radamel Falcao (Victor Ibarbo), Teofilo Gutierrez (Carlos Bacca)
Pelatih: Jose Pekerman

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015