Den Haag (ANTARA News) - Politisi Belanda anti Islam yang senang mencari perhatian, Geert Wilders, akan menayangkan kartun Nabi Muhammad di televisi dalam slot yang disediakan untuk parpol-parpol di negara itu esok Sabtu, kata partainya seperti dikutip AFP.

Kartun-kartun itu akan dipertontonkan pada televisi pemerintah Belanda pukul 10.49 GMT (17.49 WIB esok), kata Partai Kebebasan (PVV) pimpinan Wilder dalam pernyataan tertulis hari ini. Tayangan ini bahkan akan ditayangkan ulang pada 24 Juni dan 3 Juli.

Wilders berkilah dia bersikukuh menayangkan kartun-kartun itu untuk membela kebebasan berbicara setelah dua militan ditembak mati selagi menyerang konten kartun Nabi di Texas bulan lalu.

Pihak berwenang Belanda mengatakan mereka bisa saja menahan hak tampil Wilders di televisi sampai empat tahun, sedangkan kedutaan besar-kedutaan besar Belanda di seluruh dunia telah diperingatkan untuk berjaga-jaga jika kartun itu jadi ditayangkan, karena mereka bakal menghadapi gelombang protes di seluruh dunia.

Komisi Penyiaran Belanda memang memberikan slot tayang kepada parpol-parpol untuk menyosialisasikan pernyataan politik mereka, dan mereka baru bisa mengevaluasi jika konten siaran sudah disiarkan, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015