Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meminta agar lembaga penegak hukum terus meningkatkan koordinasi dalam upaya pemberantasan korupsi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Jumat sore mengatakan Kepala Negara menilai pemberantasan korupsi merupakan langkah penting yang bisa memberikan dampak positif terhadap berbagai sektor termasuk ekonomi.

"Untuk 2015 Presiden sudah keluarkan Inpres nomor 7 tentang pencegahan korupsi dan ada 96 agenda aksi dan untuk hal ini memang perlu diimbau pada kementerian lembaga dan pemerintah daerah perkembangan agenda aksi," kata Andrinov.

Andrinov mengatakan sejumlah agenda aksi yang akan dilakukan pada 2015 secara berkala akan dilaporkan oleh kementerian dan lembaga.

"28 Juni sampai 5 Juli waktu untuk menyampaikan laporan secara online yang ada sistem dan syaratnya kementerian lembaga dan daerah untuk menyampaikan laporan perkembangan agenda aksi," katanya.

Ia menambahkan,"arahan Presiden terus perkuat kerjasama dan koordinasi penegak hukum juga anggaran dan penyederhanaan sistem birokrasi ini dalam rangka mempercepat pencapaian agenda aksi dan salah satu tujuannya perbaikan sistem ekonomi."

Rapat terbatas itu dihadiri oleh lima menteri, Jaksa Agung, Kapolri dan Plt Ketua KPK.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015