... ace sangat membantu, Anda dapat menghindari voli. Saya terkejut saat diberitahu di lapangan setelah pertandingan berapa ace yang saya pukul...
Halle, Jerman (ANTARA News) - Juara tujuh kali, Roger Federer, mencapai semifinal turnamen Halle pada Jumat dan akan menghadapi petenis jangkung asal Kroasia, Ivo Karlovic, yang mencatat rekor 45 ace dalam pertarungan delapan besarnya.

Petenis peringkat dua dunia dan unggulan teratas Federer mengalahkan petenis Jerman Florian Mayer 6-0, 7-6 (7/1), saat dia melanjutkan persiapannya merebut gela Wimbledon kedelapan.

Federer hanya memerlukan waktu 19 menit untuk merebut set pertama melawan Mayer sebelum menyelesaikan pertandingan tersebut dalam waktu satu jam lebih sedikit.

Sementara itu Karlovic maju ke semifinal dengan melepaskan 45 ace mengatasi Tomas Berdych dalam langkah meraih kemenangan 7-5, 6-7 (8/10), 6-3.

Petenis 36 tahun Karlovic, yang memiliki tinggi badan 2,11 meter, memenangi pertandingan dengan "ace" terakhirnya dan kini mencatat total 94 ace selama tiga putaran di lapangan rumput Halle itu.

"Saya sangat bahagia menyangkut rekor," kata Karlovic mengenai deretan ace, yang merupakan rekor baru dalam pertandingan yang memperebutkan kemenangan dua set.

"Memukul ace sangat membantu, Anda dapat menghindari voli. Saya terkejut saat diberitahu di lapangan setelah pertandingan berapa ace yang saya pukul. Saya tidak menyadari sebanyak itu. Mudah-mudahan saya dapat melanjutkan sepeti itu di semifinal," katanya.

Rekornya itu terjadi dua hari setelah petenis Jerman, Sabine Lisicki, mencatat 27 ace dalam satu pertandingan di Birmingham -- rekor baru untuk turnamen putri.

Sementara itu petenis peringkat lima dunai asal Jepang Kei Nishikori juga mencapai semifinal setelah mengalahkan petenis Polandia Jerzy Janowicz 6-4, 5-7, 6-3.

Unggulan kedua, Nishikori, akan menghadapi Andreas Seppi setelah lawan petenis Italia itu, Gael Monfils, unggulan ke-16 asal Prancis, mundur dari pertandingan perempat final karena cedera kaki yang dialaminya saat tergelincir ke papan iklan di sisi lapangan. 

Petenis peringkat 51, Seppi, sedang unggul 6-1, 1-0 saat kejadian itu.

Tahun lalu, setelah mengalahkan Monfils di perempat final, Nishikori dikalahkan oleh Federer, yang kemudian menjuarai turnamen itu untuk ketujuh kalinya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015