Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah maskapai besar kini menawarkan akses internet melalui koneksi WiFi di dalam pesawat, di mana data internet 3G atau 4G dikirimkan melalui satelit atau antena selular yang berbasis di darat.

Sebagian besar maskapai memasang tarif antara 5 hingga 10 dolar AS untuk koneksi internet selama satu jam, dan untuk harian, dikenakan biaya sekitar 30 dolar AS.

Namun kini, beberapa maskapai telah menyediakan akses internet gratis selama penerbangan dan tak dibatasi hanya untuk penumpang kelas bisnis.

Berikut lima maskapai yang menyediakan layanan gratis tersebut seperti dilansir laman Phone Arena.

1. Norwegian Airlines, memiliki akses internet berkecepatan tinggi pada penerbangan di Eropa. Layanan ini tersedia pada pesawat Boeing 737-800.

2. JetBlue, menyediakan WiFi pada semua Airbus 321 dan sebagain besar di pesawat A320. Internet gratis dapat digunakan untuk koneksi yang terbatas, dan penumpang harus membayar untuk menikmati internet berkecepatan tinggi.

3. Hongkong Airlines, memberikan fasilitas WiFi gratis pada penerbangan Airbus A330-200 dari London ke Hong Kong. Namun kecepatan koneksi dibatasi bagi penumpang yang menggunakan free pass.

4. Air China, hanya mengizinkan penumpang mengakses WiFi grats melalui laptop dan tablet, karena penggunaan telepon pintar tak diizinkan selama penerbangan.

5. Nok Air, menyediakan akses internet untuk penerbangan domestik di wilayah Thailand. Namun layanan ini baru tersedia pada dua pesawat mereka.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015