Zlin, Republik Ceko (ANTARA News) - Tuan rumah gelaran Piala Eropa kelompok umur di bawah 21 tahun (Euro U-21), Republik Ceko, berhasil meraih kemenangan telak saat melumat Serbia dengan skor 4-0 dalam laga lanjutan penyisihan Grup A di Stadion Letna, Zlin, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan tersebut diperoleh berkat trigol yang dicetak oleh penyerang Jan Kliment dan dilengkapi sebuah gol dari Martin Frydek.

Berkat kemenangan tersebut, Ceko untuk sementara meraih tiga poin dari dua pertandingan yang sudah mereka lakoni, setelah di laga pembuka tim besutan Jakub Dovalil itu kalah 1-2 dari Denmark.

Tuan rumah tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka keunggulan saat ujung tombak mereka, Kliment, menyelesaikan umpan terobosan yang dikirimkan bek kiri Matej Hybs dengan kaki kirinya merobek gawang yang dikawal penjaga gawang Marko Dmitrovic pada menit 8.

Ceko hampir menggandakan keunggulannya pada menit 15, namun bola tendangan gelandang serang Vaclav Kadlec masih ditolak oleh mistar gawang.

Akan tetapi, Kliment akhirnya berhasil membawa Ceko unggul 2-0 lewat gol kedua yang ia cetak pada menit 21.

Keunggulan Serbia bertahan hingga waktu turun minum, salah satunya berkat keberhasilan penjaga gawang Tomas Koubek menjinakkan bola tendangan Milos Jojic pada menit 39.

Memasuki babak kedua, Ceko tak menurunkan tensi serangan mereka meski sudah memiliki keunggulan dua gol.

Hasilnya pada menit 56 Kliment melengkapi raihan trigolnya dalam laga tersebut saat melakukan tendangan kaki kanan dari sudut sempit demi membawa Ceko unggul 3-0.

Tiga menit berselang, Ceko kian menjauh dari kejaran Serbia setelah umpan silang yang dilepaskan Jiri Skalak berhasil diselesaikan dengan baik oleh Martin Frydek.

Di sisa waktu laga, Ceko terus berusaha memperbesar keunggulan mereka, namun tak satupun peluang mereka berbuah gol.

Sementara upaya Serbia untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan masih jauh panggang dari api, sebab mereka hampir tak mampu untuk memasukkan bola ke dalam kotak penalti.

Saat wasit Clement Turpin meniup peluit tanda laga usai, kedudukan 4-0 untuk Ceko tak berubah.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Serbia U-21 (4-2-3-1): Marko Dmitrovic (PG); Filip Stojkovic (Marko Petrovic), Uros Spajic, Aleksandar Pantic, Nemanja Petrovic; Goran Causic (Aleksandar Kovacevic), Darko Brasanac; Milos Jojic (Luka Milunovic), Filip Djuricic, Slavolujb Srnic; Aleksandar Pesic
Pelatih: Mladen Dodic

Republik Ceko U-21 (4-2-3-1): Tomas Koubek (PG); Pavel Kaderabek, Jakub Brabec, Tomas Kalas, Matej Hybs; Ondrej Petrak, Jaromir Zmrhal; Jiri Skalak (Lukas Masopust), Vaclav Kadlec (Michal Travnik), Martin Frydek; Jan Kliment (Tomas Prikryl)
Pelatih: Jakub Dovalil

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015