Yogyakarta (ANTARA News) - Media interaktif saat ini banyak digunakan untuk mengiklankan produk dengan tujuan menarik perhatian konsumen, kata dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Erwan Sudiwijaya.

"Iklan menjadi keperluan bisnis untuk mengenalkan produk. Media interaktif merupakan salah satu media iklan yang banyak digunakan," katanya di sela pameran festival ujian akhir semester mahasiswa (UAS) Ilmu Komunikasi UMY di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, berbagai cara digunakan untuk menarik perhatian audiens sehingga cara mengenalkan produk pun semakin beragam.

"Keragaman iklan dari yang mengandalkan iklan audio visual, iklan luar ruang kemudian berkembang pada iklan broadcast yang biasanya disebarkan melalui aplikasi handphone, dan media iklan yang banyak digunakan adalah media interaktif," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Jurusan Ilmu Komunikasi UMY mengadakan pameran festival UAS. Dalam kegiatan itu ratusan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY mencoba memanfaatkan media interaktif untuk beriklan seperti menciptakan gambar, patung, foto, dan video.

"Kegiatan itu berguna untuk melatih mental mahasiswa dalam berkarya melalui media iklan. Hal ini karena dibutuhkan tantangan cara berkomunikasi yang tepat dan baik agar khalayak tertarik untuk melihat iklan yang dibuat," katanya.

Menurut dia, festival UAS itu diadakan pada dasarnya untuk memperlihatkan karya tugas-tugas mahasiswa agar tidak hanya sampai pada penilaian dosen tetapi juga bisa diperlihatkan kepada orang banyak.

Selain itu juga untuk melatih mental mahasiswa dalam berkarya karena lulusan Ilmu Komunikasi nanti yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah portofolio mahasiswa, bukan hanya nilai yang tinggi.

Ia mengatakan dalam festival UAS itu ada tiga tugas mata kuliah yang dipamerkan yakni mata kuliah Produksi Iklan 1 dengan 80 print ad dan 18 ambient media, mata kuliah Perilaku Konsumen dengan 9 ambient media, dan mata kuliah Integrated Marketing Communication (IMC) dengan 8 brand activisio dan 9 video studi kasus brand activison.

"Saya berharap untuk keberlanjutan dari pameran UAS itu dapat menjadi sebuah acara tahunan Ilmu Komunikasi UMY, yang dapat menaungi semua tugas mata kuliah mahasiswa yang nanti dapat dipamerkan serentak," katanya.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY Annisa Ihtiarina mengatakan pameran UAS itu dapat menjadi ajang penghargaan dan apresiasi kepada mahasiswa atas tugas kuliah yang sudah dikerjakan.

"Saya sangat setuju diadakannya festival UAS karena karya dari mahasiswa dapat diperlihatkan kepada mahasiswa di luar dari Ilmu Komunikasi UMY. Selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui produk-produk advertising itu seperti apa," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015