Jember (ANTARA News) - Aparat Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan cara dakwah selama bulan suci Ramadhan.

"Hari ini para Kabag, Kasat, Kapolsek serta beberapa anggota babinkamtibmas mengikuti acara Diklat Dakwah Islmaiyah yang bertemakan Iman dan Aman yang dipimpin oleh KH Muhyidin Abdussomad di Ponpes Nuris Antirogo," kata Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif di Jember, Sabtu.

Menurut dia, anggota polisi juga harus bisa berdakwah untuk menyampaikan pesan kamtibmas, agar Jember tetap kondusif selama bulan suci Ramadhan.

"Lapar dan dahaga selama menjalankan ibadah puasa bukan menjadi halangan bagi anggota Polri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang juga merupakan ibadah," tuturnya.

Polres Jember, lanjut dia, juga menggelar sejumlah kegiatan selama bulan Ramadhan 1436 Hijriyah yakni Hidangan Kurma (Himbauan Dan Peringatan Dikala Menjelang Berbuka Puasa), Sajadah dan Tasbih (Selalu Menjaga Aset Disaat Ibadah dan Tertib Aturan Saat Berangkat Ibadah).

Kemudian Opor Sahur (Operasi dan Patroli Polisi Saat Sahur) dan Silaturahmi (Sinergitas Dalam Rangka Menciptakan Situasi Rasa Aman dan Humanis Menjelang Idul Fitri).

Sabilul mengatakan program "Opor Sahur" merupakan operasi simpatik dan patroli pada waktu sahur dengan tujuan tetap terpelihara kamtibmas dan patroli itu juga bertujuan untuk membangunkan masyarakat untuk melaksanakan sahur.

"Kami berharap dengan berbagai kegiatan religius itu dapat mendekatkan polisi dengan masyarakat, sehingga warga Jember lebih merasakan kehadiran polisi sebagai abdi negara yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban daerah setempat," paparnya.

Semua program yang dilakukan Polres Jember, lanjut dia, dikemas dengan nuansa religi yang sangat kental karena budaya masyarakat Jember.

"Oleh karena itu, dengan semangat Jember TAAT (Jember Tertib, Aman dan Terkendali), kami ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat Jember dengan nuansa Ramadhan yang kental sehingga menambah kekhidmatan bulan yang penuh berkah ini," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015