Kami belum tahu apakah kuota dikembalikan ke Banjarbaru sehingga nomor porsi di bawahnya naik atau menjadi kuota nasional sehingga jadi jatah kuota haji Indonesia
Banjarbaru (ANTARA News) - Sebanyak 12 jemaah calon haji Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, yang sudah terdaftar dan mendapat nomor porsi batal berangkat sehingga mengurangi jumlah calon jemaah dari kuota haji kota tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Banjarbaru Zainal Ilmi di Banjarbaru, Ahad mengatakan, 12 calon haji itu dipastikan batal berangkat musim haji tahun 2015/1436 Hijriah.

"Seluruhnya dipastikan batal untuk diberangkatkan dan dampaknya bisa mengurangi kuota jemaah haji yang seharusnya menjadi jatah Banjarbaru tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan, dari 12 calon haji yang batal berangkat itu, dua orang membatalkan keberangkatan secara permanen sedangkan sepuluh orang lainnya batal tunda berangkat.

Zainal menjelaskan, pembatalan 12 calon haji itu membuat jumlah jemaah dari Kota Banjarbaru berkurang dari kuota semula sebanyak 137 jemaah menjadi 125.

"Pembatalan keberangkatan calon haji sudah kami sampaikan kepada Kanwil Kemenag Kalsel dilanjutkan ke Kementerian Agama yang memproses lebih lanjut," ungkapnya.

Ia mengaku masih belum mengetahui apakah pembatalan itu akan mengembalikan sisa kuota haji ke Banjarbaru atau diperebutkan secara nasional.

"Kami belum tahu apakah kuota dikembalikan ke Banjarbaru sehingga nomor porsi di bawahnya naik atau menjadi kuota nasional sehingga jadi jatah kuota haji Indonesia," ucapnya.

Ia menyebutkan, sesuai besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang ditetapkan pemerintah sebesar 3.433 Dolar AS maka seluruh calon haji diminta melunasinya.

"Pelunasan BPIH tahap pertama berlangsung sejak 1-30 Juni 2015 dan hingga saat ini proses pelunasan bagi 125 calon haji Banjarbaru masih terus berlangsung," kata dia.

Ia mengimbau seluruh calon haji yang masuk kuota untuk segera melunasi BPIH sebelum masa pelunasan berakhir sehingga bisa diproses lebih lanjut.

"Jika BPIH sudah dilunasi maka proses selanjutnya bisa dilakukan dan jemaah calon haji dipastikan berangkat tahun ini sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan," katanya.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015