Ngabuburit service merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Ferry Mursyidan Baldan menggulirkan program pelayanan surat pertanahan saat "Ngabuburit" se-Tangerang Raya pada Ramadhan.

"Ngabuburit service merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah," kata Ferry, usai "launching" pelayanan "Ngabuburit" di salah satu pusat perbelanjaan kawasan Gading Serpong, Tangerang, Banten, Minggu.

Dia menuturkan BPN se-Tangerang Raya memanfaatkan momentum Ramadhan meluncurkan pelayanan Ngabuburit pada pusat perbelanjaan.

BPN yang membuka gerai pelayanan yakni Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Ferry mengatakan BPN haruss tetap mengoptimalkan momentum Ramadhan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dia menilai masyarakat cukup antusias memanfaatkan momentum Ngabuburit untuk mengurus surat pertanahan maupun sertifikat.

"Tradisi (Ngabuburit) itu harus dimanfaatkan di seluruh BPN wilayah," ungkap mantan anggota Komisi II DPR RI itu.

Selain melayani dokumen pertanahan, petugas BPN juga mensosialisasikan pentingnya masyarakat memiliki sertifikat tanah dan rumah.

Ferry menegaskan BPN berupaya membuat berbagai terobosan untuk memudahkan dan efektif membantu masyarakat mengurus kelengkapan dokumen pertanahan.

Terlebih, BPN mendekatkan pelayanan bagi masyarakat yang jauh secara letak geografis dengan menggandeng PT Pos Indonesia dan sejumlah "minimarket" atau toko swalayan.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015