Jakarta (ANTARA News) - Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) menggelar pameran dan peluncuran buku fotografi JKT dengan tema tentang cerita seluk beluk Jakarta.

"Ini tentang karya foto dalam kurun waktu 10 tahun (2006-2015) cerita kota Jakarta," kata Fanny Octavianus juru foto Antara Foto usai membuka acara pamerannya di Jakarta, Minggu sore.

Foto-foto yang dipamerkan merupakan foto karya Fanny Octavianus, yang berisi sebanyak 55 foto.

Foto mulai dari cerita visual pembangunan, banjir, kawasan kumuh dan sosialisasi masyarakat Jakarta tersaji dalam balutan warna hitam putih.

Pria kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah ini menambahkan proyek buku JKT berawal dari loka karya yang diikutinya pada tahun 2011 dengan inspirasi Markus Schaden dari Jerman.

Foto-foto selama bekerja di ibu kota Jakarta dirangkai dengan pemaknaan baru yang mengembangkan objektifitas caption foto konvensional.

Oscar Motuloh sebagai kurator mengatakan bahwa pameran dan penerbitan buku foto JKT ini untuk memperingati keberadaan kota Jakarta yang sudah mulai renta.

"Jakarta hanya kota metropolitan tidal berjiwa," kata Oscar.

Selain itu, Kepala Divisi Pemberitaan Foto Antara Hermanus Prihatna mengatakan rekam jejak Ibu Kota yang tersaji akan menjadi saksi dan pengingat bagi generasi mendatang.

"Kreatifitas Fanny dalam menyampaikan realitas Jakarta, semoga menjadi inspirasi bagi fotografer lain," kata Hermanus.

Pameran foto ini diselenggarakan di gedung GFJA jalan Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Pameran berlangsung dari tanggal 21 Juni hingga 31 Juli 2015.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015