Warsawa (ANTARA News) - Sekitar 1.400 penumpang maskapai Polandia LOT ditarik ke darat di Bandara Chopin, Warsawa, Minggu waktu setempat, setelah peretas menyerang sistem komputer maskapai itu yang digunakan untuk menerbitkan rencana penerbangan, kata maskapai itu seperti dikutip Reuters.

Sistem komputer itu diretas sore hari dan diperbaiki sekitar lima jam kemudian, selama mana 1p0 penerbangan domestik dan internasional maskapan nasional Polandia itu dibatalkan dan sekitar lusinan lainnya ditangguhkan, kata juru bicara Adrian Kubicki.

LOT memandu para penumpang itu Minggu malam dan beberapa di antaranya sudah siap untuk terbang. LOT mengatakan telah menyediakan hotel untuk mereka yang ingin tetap bertahan terbang.

Keamanan penerbangan tidak dibobol, kata Kubickid, dan penerbangan tujuan Warsawa masih bisa mendarat dengan aman. Bandara lainnya  tidak terkena, sambung dia.

"Kami menggunakan sistem komputer tercanggih karena serangan ini bisa berpotensi menjadi ancaman terhadap sistem komputer lain dalam industri ini," kata Kubicki

Serangan siber itu kini tengah diselidiki oleh pihak berwenang.

Bandara itu sendiri tidak terkena dampaknya, kata sang juru bicara seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015