Santiago (ANTARA News) - Brasil untuk sementara unggul 1-0 atas Venezuela pada babak pertama laga penyisihan Grup C Piala Amerika 2015 di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, Chile, Senin pagi WIB.

Keunggulan Brasil diperoleh berkat gol cepat Thiago Silva yang memanfaatkan sepak pojok pada menit 8.

Robinho yang melepaskan sepak pojok ke dalam kotak penalti mendapati Silva yang berlari menyambut bola dengan tendangan sentuhan pertama demi menaklukkan penjaga gawang Alain Baroja.

Saat melakukan selebrasi, Silva mengarahkan telunjuknya ke arah tribun tempat Neymar, megabintang Brasil yang tak bisa tampil akibat hukuman larangan tanding.

Apabila kedudukan bertahan, maka Brazil memperoleh tiga poin yang akan menempatkannya menjadi juara Grup C dan melangkah ke perempat final bersama Peru dan Kolombia.

Meski tampil tanpa Neymar, Brasil tidak kekurangan daya gedor dengan keputusan pelatih Carlos Dunga menurunkan Philippe Coutinho mengisi lubang yang ditinggalkan pemain Barcelona itu.

Selecao hampir menggandakan keunggulan saat Robinho berusaha menyelesaikan umpan Dani Albes pada menit 16, sayang bola tendangannya masih melayang tipis di sudut atas gawang.

Baroja kemudian melakukan penyelamatan gemilang pada menit 38 untuk menghentikan bola tendangan Willian.

Meski berada di bawah tekanan, Venezuela sempat mengancam gawang Brasil pada menit 44, namun bola tendangan silang Gabriel Cichero yang hampir menghujam ke gawang masih sedikit melampaui sasaran.

Berikut susunan lengkap pemain  kedua tim seperti dilaporkan laman resmi CONMEBOL.

Brazil (4-2-3-1): Jefferson (PG); Dani Alves, Thiago Silva, Miranda, Filipe Luis; Fernadinho, Elias; Willian, Philippe Coutinho, Robinho; Roberto Firmino
Pelatih: Carlos Dunga

Venezuela (4-2-3-1): Alain Baroja (PG); Roberto Rosales, Oswaldo Vizcarrondo, Andres Tunez, Gabriel Cichero; Tomas Rincon, Luis Seijas; Ronald Vargas, Juan Arango, Alejandro Guerra; Salomon Rondon
Pelatih: Noel Sanvicente

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015