Jakarta (ANTARA News) - Seorang dewasa tak berarti harus berhenti bermain.

Penelitian memperlihatkan bermain misalnya permainan mengingat atau fisik, dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan kebahagiaan seseorang.

Berikut terdapat sejumlah manfaat bermain bagi kesehatan Anda

1. Bermain untuk tingkatkan kemampuan berpikir. Permainan memori dapat menstimulasi pertumbuhan otak. Mempelajari nama-nama baru menggunakan warna berhubungan dengan peningkatan bagian abu-abu dalam otak, menurut sebuah studi.

2. Bermain untuk kesehatan jantung. Permainan fisik merupakan upaya terbaik untuk lebih aktif. Kegiatan ini bisa berdampak bagus untuk jantung. Berjalan misalnya, bisa membakar 230 kalori per jam, sementara menari dan bersepeda masing-masing bisa membakar sekitar 320 kalori dan 420 kalori.
 
3. Bermain bagus untuk hubungan Anda. Pasangan yang bermain bersama tetap bersama menurut sebuah penelitian. Sebuah studi memperlihatkan, pasangan yang menghabiskan waktu bersama menunjukkan kepuasan hubungan yang luar biasa.

4. Bermain mencegah stres. Bermain tak jarang membuat kita tertawa. Tawa inilah yang dapat menurunkan tingkat stres. Studi memperlihatkan, terjadi penurunan hormon kortisol (hormon yang berhubungan dengan stres) pada mereka yang menonton video komedi. Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda, karena menyebabkan sejumlah masalah seperti sakit kepala, kecemasan dan masalah tidur. Demikian seperti dilansir real simple.com.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015