Beijing (ANTARA News) - Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang akan mengunjungi Prancis dan Belgia dalam serangkaian perjalanan yang akan dimulai akhir pekan ini, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Selasa.

Li akan mengunjungi markas Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) di Paris dan menghadiri pertemuan para pemimpin Uni Eropa -Tiongkok ke-17 di Brussels, kata Kemlu Tiongkok dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Perjalanan tersebut akan berlangsung dari 28 Juni hinga 2 Juli.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengatakan dalam kunjungannya ke Beijing bulan lalu bahwa PM Li akan mengunjungi Paris dan Toulouse.

Fabius pada saat itu mengatakan, topik dalam kunjungan PM Li akan mencakup "pengembangan proyek-proyek bersama di pasar negara-negara dunia ketiga, baik itu pasar Asia atau Afrika".

Uni Eropa adalah mitra dagang terbesar Tiongkok, sementara raksasa Asia itu adalah mitra dagang terbesar kedua Uni Eropa.

Hubungan antara dua komersial global kelas berat (Uni Eropa - Tiongkok) kadang-kadang diwarnai oleh perselisihan perdagangan tetapi telah menunjukkan perkembangan yang dramatis selama beberapa dekade.

Selain itu, badan-badan ekonomi utama Eropa semuanya merupakan calon anggota Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) yang dipimpin Tiongkok.
(Uu.Y012)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015