Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melakukan kunjungan perdana dalam rangka Safari Ramadhan 2015 di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Dalam rangkaian kegiatan itu, Basuki juga turut menghadiri acara buka puasa bersama segenap jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Dihadapan segenap jajaran pegawai, pria yang lebih akrab disapa Ahok itu meminta agar seluruh pegawai dapat menahan diri dari segala hawa nafsu yang tidak baik selama bulan suci Ramadhan.

"Selamat menunaikan ibadah puasa. Bulan puasa ini mengajarkan kita untuk menahan diri dari segala hawa nafsu," kata Ahok di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut dia, salah satu jenis hawa nafsu yang harus ditahan selama bulan puasa adalah nafsu untuk berbelanja atau menghambur-hamburkan uang.

"Bagi para pegawai yang punya kebiasaan suka berbelanja mewah, bahkan sampai keluar negeri, saya minta hawa nafsu itu ditahan. Apalagi kalau uangnya hasil korupsi," ujar Ahok.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede menuturkan kegiatan safari Ramadhan yang dilakukan oleh Gubernur DKI merupakan momentum yang penting.

"Safari Ramadhan adalah momentum yang tepat bagi lita untuk menguatkan komitmen sebagai aparat pemerintah untuk melayani masyarakat," tutur Mangara.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan selama bulan suci Ramadhan, pihaknya juga menggelar kegiatan safari ramadhan melalui kunjungan ke berbagai masjid atau mushola yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

"Salam safari itu, kita juga sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kami pikir safari Ramadhan ini juga merupakan momentum untuk memperkuat silaturahmi antara aparat pemerintah dengan warga," ungkap Mangara.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015