Jakarta (ANTARA News) - 1.000 hari pertama kehidupan bayi dinilai sangat penting dan harus menjadi perhatian utama para orang tua karena sangat menentukan kualitas kesehatan dan tumbuh kembang seorang anak.

"Jaga 1.000 hari pertama kehidupannya dengan memberikan stimulasi, asupan bergizi agar bayinya berkembang dengan baik," kata Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Selasa.

Untuk mendukung kampanye 1.000 hari pertama kehidupan bayi, dihadirkan pula konsep "Sahabat Si Buah Hati" (SSBH) di ritel modern yang sebagian besar berlokasi di tengah masyarakat.

Managing Director Alfamidi Velina Yulianti mengatakan, bentuk konsep Sahabat si Buah Hati ini dengan menghadirkan display produk khusus ibu dan anak hampir di seluruh jaringan toko Alfamidi secara bertahap.

"Kami ingin hadirkan perubahan layout dan tata letak produk kebutuhan ibu dan anak yang kami kelompokkan dalam satu area untuk memudahkan kaum ibu memenuhi kebutuhannya," katanya usai acara penandatangan komitmen bersama antara Alfamidi dan Nutricia dalam mendukung "1000 hari pertama kehidupan".

Sementara itu, Sales Director Nutricia, Adam Djokovic, menambahkan konsep "Sahabat si Buah Hati" ini dapat membantu kaum ibu mempersiapkan si buah hati menjadi generasi yang lebih baik.

"Kami percaya, dengan dukungan nutrisi dan stimulasi pada 1.000 hari pertama pada si buah hati akan berpengaruh besar pada masa depannya. Disamping itu, peran ASI sebagai sumber nutrisi terbaik juga perlu ditekankan, katanya.

Di area "Sahabat Si Buah Hati" juga disediakan alat pengukur tinggi badan dan timbangan yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk buah hati mereka ketika berada di gerai Alfamidi.



Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015