Olomouc, Republik Ceko (ANTARA News) - Portugal dan Swedia maju ke semifinal Piala Eropa U-21 yang berlangsung di Republik Ceko, Kamis dini hari WIB, setelah menjadi dua teratas Grup B, sedangkan Inggris harus angkat koper.

Seri 1-1 sudah cukup bagi Portugal dan Swedia mengantarkan ke semifinal, sedangkan Italia tak mendapatkan apa-apa kendati menang 3-1 dari Inggris yang menempati peringkat buncit grup ini.

Portugal menjuarai grup ini dengan lima poin dari tiga kali bertanding, sedangkan Swedia dan Itali sama-sama mengemas empat poin namun Swedia unggul head to head karena menang 2-1 lawan Italia pada laga pembuka.

Portugal akan menghadapi Jerman, sedangkan Swedia ditantang Denmark pada semifinal 27 Juni nanti.

Pada laga hari ini, Portugal dan Swedia bermain aman karena sudah mengetahui mereka cukup bermain seri guna mengantarkan mereka ke semifinal.

Penyerang FC Porto Goncalo Paciencia mengantarkan Portugal unggul lebih dulu pada menit delapan namun gelandang Groningen, Simon Tibbling, menyamakan kedudukan satu menit sebelum bubaran.

Pada pertandingan lainnya, gelandang FC Turin Marco Benassi mencetak dua gol dan striker Palermo Andrea Belotti satu gol untuk membawa Italia menang 3-1 dari Inggris yang menciptakan gol hiburan dari gelandang Norwich Nathan Redmond.

Italia hanya mencetak dua gol dalam turnamen ini. Satu gol lainnya diciptakan striker Tottenham Harry Kane.

Denmark menjadi juara Grup A dengan mengemas enam poin, disusul Jerman dengan lima poin.

Final turnamen ini akan berlangsung pada 30 Juni, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015