Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menyiapkan seluruh armada angkutan penumpang agar tetap prima saat melayani pemudik selama masa mudik dan balik Lebaran.

"Seluruh armada yang ada, baik lokomotif maupun kereta sudah siap. Nantinya, saat memasuki masa angkutan Lebaran, tidak ada lagi yang sedang dalam perawatan atau perbaikan," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Kamis.

PT KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan 26 lokomotif dan 104 kereta (gerbong penumpang) untuk melayani penumpang menjelang sampai sesudah Lebaran.

"Ada tiga lokomotif yang dijadikan cadangan, masing-masing ditempatkan di Stasiun Besar Purwokerto, Stasiun Kroya, dan Stasiun Kutoarjo," katanya.

Surono mengatakan perawatan lokomotif dan kereta dilakukan setiap hari secara bergantian di Depo Lokomotif dan Gerbong Purwokerto.

Dia menjelaskan pula bahwa kereta-kereta yang rusak langsung diperbaiki, mulai dari kursi, lampu, kipas angin, penyedot udara, sampai kaca jendela yang pecah.

Ia menambahkan, perawatan lokomotif dan kereta diintensifkan menjelang Lebaran untuk memastikan semua berfungsi baik saat digunakan selama masa mudik dan balik Lebaran.

"Ada sembilan jenis alat keselamatan pada lokomotif yang mendapat perhatian serius, antara lain mesin lokomotif, pesawat komunikasi, sistem pengereman, dan pedal. Kami harus memastikan lokomotif tersebut tidak bermasalah dan memenuhi sembilan unsur keselamatan tersebut," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015