Bogor (ANTARA News) - Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D III-IPB) tahun ini menerima 1.619 calon mahasiswa baru dari 899 SMA/SMK/MA yang terseber di seluruh Indonesia melalui jalur Undangan Seleksi Masuk IPB atau USMI. 

"1.619 calon mahasiswa baru ini telah melakukan registrasi ulang di kampus Program Diploma IPB yang terletak di Jalan Kumbang Nomor 14 Bogor," kata Direktur Program Diploma bidang Sumber Daya, Kerja Sama dan Pengembangan, Iwan Riswandi, di Bogor, Kamis.

Ia mengatakan, tahun ini tercatat sebanyak 8.308 lulusan SMA/SMK/MA yang mendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Diploma IPB melalui jalur USMI.

Seleksi ini, lanjut dia, mempertimbangkan nilai rapor para siswa selama lima semesteri (semester 1 - 5) sebagai kriteria utama penilaian calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur USMI.

"Selain nilai rapor, dokumen penunjang seperti prestasi siswa juga dijadikan bahan pertimbangan pada jalur seleksi ini, termasuk tinggi dan berat badan khusus untuk program keahlian manajemen industri jasa makanan dan gizi, serta program keahlian ekowisata," katanya.

Tahun ini, lanjut dia, terdapat beberapa program keahlian dengan peminat yang cukup tinggi, yakni program keahlian komunikasi, manajemen agribisnis, akutansi serta manajemen industri jasa makanan dan gizi.

"Dari 1.302 pendaftar program keahlian komunikasi, sebanyak 155 pendaftar saja yang diterima dan sudah melakukan pendaftaran ulang," katanya.

Begitu juga dengan program keahlian manajemen agribisnis dari 989 pendaftar yang diterima hanya 160 orang. Program keahlian akuntasi sebanyak 895 pendaftar yang lolos hanya 207 orang, dan program keahlian manajemen industri jasa makanan dan gizi sebanyak 876 pendaftar dan yang lolos hanya 120 orang.

"Kuota mahasiswa baru melalui jalur USMI lebih kurang 70 persen dari calon mahasiswa baru Program Diploma IPB. Sisa kuota akan dipenuhi melalui jalur seleksi reguler yang akan dilaksanakan tanggal 9 Agustus mendatang di sembilan kota," katanya.

Iwan menambahkan, sembilan kota tersebut yakni Cirebon, Tasikmalaya, Pekanbaru, Padang, Madiun, Magelang, Purwakarta, Medan dan Pasuruan.

"Selain itu sisa kuota juga diperuntukkan bagi calon mahasiswa jalur program kerja sama khusus atau taylor made dan beasiswa utusan daerah atau BUD," kata Iwan.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015