Konsolidasi ini diharapkan mampu menjembatani kepentingan petani-petani Indonesia ..."
Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPP HA IPB) akan berkonsolidasi dengan alumninya yang menetap ataupun beraktivitas di negara anggota ASEAN untuk membentuk perwakilan sehubungan akan diterapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Konsolidasi ini diharapkan mampu menjembatani kepentingan petani-petani Indonesia untuk tidak saja berkembang di dalam negeri, tetapi juga mampu mencari peluang ketika MEA digulirkan," catat Ketua Umum DPP HA IPB Bambang Hendroyono dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Hanya dengan proses konsolidasi yang baik dan rapi, menurut dia, hubungan langgeng antara alumni IPB dengan almamaternya produktif bagi kemajuan bangsa.

Ia mengatakan, akhir tahun ini komunitas Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sepakat menjalankan agenda liberalisasi ekonomi regional (ASEAN Economic Community/AEC).

DPP HA IPB memandang MEA sebagai peluang sekaligus ancaman yang jika tidak disikapi secara cermat oleh pemerintah, maka bukan tidak mungkin justru menghasilkan persoalan baru dalam dunia pertanian Indonesia dengan mengorbankan petani kecil.

DPP HA IPB menilai Indonesia memerlukan strategi-strategi yang konstruktif dan inovatif sehingga paradoks MEA dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin demi kemajuan pertanian Indonesia, terutama memperbaiki nasib para petani, nelayan, peternak, petambak, petani hutan, pekebun dan masyarakat Indonesia.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015