Brussels (ANTARA News) - Menteri-menteri pertahanan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) menegaskan dukungan "langgeng" mereka untuk Afghanistan dalam pertemuan tingkat menteri pada Kamis (25/6), kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam satu taklimat di Brussels, Belgia.

Bersama dengan Penjabat Menteri Pertahanan Afghanistan Masoom Stanezkai, para menteri NATO meninjau kembali situasi keamanan dan operasi enam bulan pertama misi Dukungan Kuat pimpinan NATO.

Misi pimpinan NATO dijalankan untuk memberikan pelatihan, saran dan bantuan bagi lembaga-lembaga dan pasukan keamanan Afghanistan, setelah misi Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) selesai akhir 2014.
 
Stoltenberg menekankan pasukan Afghanistan "telah menanganinya secara efektif" meski dia menyatakan bahwa "ini adalah waktu yang penuh tantangan."

Dia menegaskan lagi bahwa Aliansi akan terus mendukung Afghanistan selama bertahun-tahun ke depan dan menyatakan "NATO dan semua mitra kami mendukung Afghanistan."

Para menteri NATO menyambut baik program reformasi ambisius Pemerintah Afghanistan, dan mendorong mereka menerapkan program itu secara cepat dan menyeluruh.

"Pasukan kami terus menyediakan pelatihan, saran dan bantuan," kata Stoltenberg seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Ia menambahkan bahwa NATO mulai merencanakan tahap lanjutan misi mereka. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015