Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyarankan agar melakukan vaksinasi bagi warga yang akan melaksanakan ibadah haji guna mencegah terserang penyakit Corona Middle East Respiratory Syndrome (MERS-COV).

"Sebelum berangkat harus divaksinasi dulu dan tentu disana tidak boleh terlalu dekat dengan unta," kata Wapres di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Wapres terkait semakin banyaknya korban yang terserang virus MERS di Korea Selatan yang saat sudah mencapai sekitar 179 orang.

Meski saat ini belum ditemukan kasus MERS di Indonesia namun karena menjelang pelaksanaan ibadah haji, maka pemerintah harus bersiap agar tidak ada calon haji yang terdampak MERS.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau calon jemaah haji untuk menjaga dan memeriksakan kesehatan guna mencegah terjangkit virus MERS.

"Tiap calon haji kami minta untuk memelihara kesehatannya sejak lama," kata Nila seraya menambahkan, Kemenkes sudah melakukan rapat terbatas dengan Presiden dan Menteri Agama terkait hal tersebut.

"Kita harus sadar calon haji kita umumnya yang berusia lanjut dengan risiko tinggi. Jadi kami menyadari risiko tinggi calon haji, tentu kita mengingatkan tolong menjaga kesehatan, memakai masker jaga kebersihan dan itu harus dilakukan," katanya.

Nila mengingatkan, meski hingga saat ini di Indonesia belum ditemukan kasus MERS, jika mengalami demam dan curiga terkontaminasi MERS diminta untuk segera memeriksakan kesehatan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015