Lebak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak mengoptimalkan lima dermaga untuk mengatasi lonjakan kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada arus mudik Lebaran 2015.

"Kami berharap lima dermaga itu bisa memperlancar arus kendaraan yang akan naik ke atas kapal "Roll On Roll Off" atau Ro-Ro," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo saat dihubungi di Merak, Sabtu.

Ia mengatakan, pengoptimalan lima dermaga itu diharapkan tidak terjadi penumpukan kendaraan maupun antrian panjang pada arus mudik tersebut.

Mereka para pemudik setelah tiba di dermaga bisa langsung naik ke atas kapal yang bersandar di pelabuhan untuk diseberangkan.

"Kami yakin pengoptimalan lima dermaga itu cukup efektif untuk menampung ratusan kendaraan sehingga arus lalu lintas berjalan lancar," katanya menjelaskan.

Menurut dia, lima dermaga itu antara lain Dermaga I, II, III, IV, dan V.

Ia memperkirakan jumlah kendaraan di atas 6.000 unit terdiri dari sepeda motor, mobil pribadi dan truk.

Saat ini, ujar dia, penumpang arus mudik tahun 2015 mengalami kenaikan sekitar tujuh persen dan didominasi kendaraan roda dua.

PT ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 30 kapal Ro-Ro untuk mengatasi lonjakan penumpang arus mudik Lebaran.

Pengoperasian 30 kapal tersebut bisa melakukan perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni di atas 95 trip.

Bahkan, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Merak antara 10 sampai 20 menit bisa diberangkatkan penyeberangan.

"Kami akan menambah kapal lagi jika terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015