Beirut (ANTARA News) - Menteri Urusan Sosial Lebanon Rashid Derbas pada Jumat (26/6) mengatakan Lebanon sedang bersiap untuk meminta bantuan resmi Liga Arab dalam meringankan beban pengungsi Suriah.

"Kami memerlukan konferensi Arab guna membahas pengungsi Suriah dari sudut pandang sosial," kata Derbas kepada kantor berita Al-Markazia, sebagaimana dikutip Xinhua.

Ia mengatakan, "Kami dalam proses mengajukan dokumen yang akan diserahkan kepada Liga Arab. Di dalam dokumen itu kami akan menyampaikan pandangan kami mengenai cara menangani kehadiran orang Suriah di Lebanon atau Suriah, sebab situasi keamanan yang membaik di Suriah akan mendorong mereka pulang ke tanah air mereka."

Mengenai kekhawatirannya tentang gelombang baru pengungsi dari Suriah mengingat kemungkinan terjadinya pertempuran di Damaskus seperti dilaporkan media, Derbas berkata, "Saya tidak memiliki kekhawatiran sebab kami, sebagai pemerintah, mengambil keputusan untuk tidak menerima kehadiran pengungsi Suriah dan keputusan ini sudah final."

Pemerintah Lebanon pada Januari mulai menerapkan langkah ketat mengenasi masuknya orang Suriah ke dalam negeri itu dalam upaya membatasi arus pengungsi.

Menurut Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi, Lebanon menampung lebih dari 1,2 juta pengungsi Suriah.
(C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015