Gorontalo (ANTARA News) - Provinsi Gorontalo akan mengirimkan wakil untuk ikut dalam turnamen sepak bola Piala Kemerdekaan,yang direncanakan berlangsung di Bali 24 Juli 2015 nanti.

Ketua Umum Persidago Kabupaten Gorontalo Tony Yunus, Sabtu, mengatakan timnya akan menjadi wakil Gorontalo, untuk ikut ambil bagian dalam turnamen Sepak Bola Piala kemerdekaan nanti.

"Insya Allah, kami bisa tampil optimal pada Piala kemerdekaan nanti, sebab turnamen itu dilaksanakan setelah Lebaran Idul Fitri nanti," Kata Tony.

Dia menjelaskan, keikut sertaan tim kebangaan masyarakat Kabupaten Gorontalo pada Piala Kemerdekaan tersebut, karena tim lainnya yakni Persigo Kota Gorontalo tidak bersedia untuk ikut.

Mantan Manager Pesigo Kota Gorontalo Fikri Fadel Muhamad, telah menghubungi manajeman Persidago dan meminta agar ikut berpartisipasi dalam ajang yang diselengarakan Tim Transisi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menurut Tony, turnamen Piala Kemerdekaan tersebut merupakan ajang untuk memperlihatkan prestasi persepakbolaan di Gorontalo, yang dalam beberapa tahun terakhir ini prestasinya kurang memuaskan.

"Kami berupaya untuk menghargai undangan dari panitia untuk tampil pada piala kemerdekaan, sebagai ajang untuk meraih prestasi nasional," Kata Tony.

Sementara itu Djafar Kadir salah seorang pemerhati sepak bola di Gorontalo mengatakan, Persidago untuk mengikuti piala kemerdekaan tersebut, jangan sampai terjebak dalam polemik antara kemenpora dan PSSI.

"Kita harus mampu memposisikan diri bahwa pemerintah dan PSSI harus kompak, demi masa depan persepakbolaan di tanah air," Kata Djafar.

Dia mengharapkan, agar turnamen piala kemerdekaan benar-benar untuk ajang mencari prestasi olahraga sepak bola Indonesia, jangan hanya ajang untuk semakin memecah belah pengurus di daerah, sebab semua akan rugi.

"Kita mau prestasi sepakbola Indonesia makin maju, sehingga PSSI dan Kemenpora harus segera menyelesaikana konflik ini," Kata Djafar.

Pewarta: MF Said
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015