... perlu menanggulangi keterikatan antara narkoba, kekerasan, korupsi, dan terorisme...
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengingatkan dunia guna dapat menanggulangi keterikatan kejahatan narkoba dengan kejahatan lainnya serta pada saat yang bersamaan meningkatkan perhatian pada strategi ekonomi, sosial dan budaya.

"Kita perlu menanggulangi keterikatan antara narkoba, kekerasan, korupsi, dan terorisme," dalam pernyataan Pusat Informasi PBB (UNIC), yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Ban, pendekatan yang seimbang mengakui rapatnya hubungan antara pengedar narkoba dengan jaringan kriminal yang terlibat dalam penyelundupan senjata api, penculikan, perdagangan manusia, dan kejahatan lainnya.

Untuk itu, ujar dia, perlu pula dilipatgandakan upaya untuk mencegah pasokan zat kimia prekursor yang merupakan bahan berbagai jenis narkoba, serta mempromosikan kerjasama internasional melalui konvensi PBB tentang kejahatan dan korupsi transnasional terorganisir.

Selain itu, ia mengemukakan bahwa pendekatan seimbang tersebut membutuhkan kesatuan tujuan masyarakat internasional, termasuk PBB, masyarakat sipil, dan yang terpenting, semua negara di dunia.

"Tidak ada negara yang mampu bekerja sendirian. Upaya yang komprehensif dan terpadu di tingkat lokal, regional, dan global menawarkan harapan terbaik untuk menumpas pengedar narkoba sekaligus melindungi kelompok yang rentan dan kaum yang terpinggirkan," katanya.

Ban menegaskan, upaya memberantas narkoba harus berhubungan dengan upaya untuk meningkatkan peluang melalui pembangunan yang adil dan berkelanjutan. 

Pewarta: Muhammad Rahman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015