Kalau kita lihat tahun lalu itu kelebihan. Kita evaluasi, jadi tahun ini kita turunkan"
Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Central Asia Tbk menyediakan uang tunai sebanyak Rp38 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tiga minggu jelang Lebaran nanti.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmaja mengatakan, jumlah uang tunai tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp44 triliun.

"Kalau kita lihat tahun lalu itu kelebihan. Kita evaluasi, jadi tahun ini kita turunkan," ujar Jahja di Jakarta, Sabtu.

Jelang lebaran 2014 lalu, lanjut jahja, puncak kebutuhan masyarakat ternyata melonjak pada dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri, sedangkan pada tiga minggu sebelumnya relatif belum meningkat signifikan.

Jahja memperkirakan volume transaksi harian sesama dan antar-bank akan meningkat dari yang biasanya mencapai 10-12 juta transaksi, jelang lebaran diprediksi akanmencapai 15-16 juta transaksi.

Ia menambahkan, pihaknya juga mempersiapkan uang tunai di mesin-mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) hingga ke daerah-daerah.

"ATM sejalan dengan penyediaan tadi, tapi siklusnya biasanya menjelang Lebaran ATM penuh, jadi penarikan di kota-kota besar tapi nanti perputarannya sudah lebaran akan terjadi dari daerah masuk, pada H+3 mulai keliatan dana kembali dari daerah," ujar Jahja.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015