Jumlah loket yang disediakan sebanyak 78 loket yang tersebar di seluruh Provinsi Bali."
Denpasar (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Bali meminta perbankan di wilayah kerjanya menjamin ketersediaan uang di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) selama libur Idul Fitri dan Hari Raya Galungan.

"Saya minta selama libur panjang 15 hingga 22 Juli 2015, ATM harus dipenuhi," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Dewi Setyowati, di Denpasar, Minggu.

Pihaknya telah memintai penanggungjawab masing-masing perbankan untuk memudahkan koordinasi ketika ada keluhan dari masyarakat menyangkut ATM yang tidak tersedia uang.

"Apabila kami berkeliling mengecek ATM ada kekosongan, maka kami bisa menghubungi perbankan jangan sampai itu menurunkan prestise perbankan di Bali," ucapnya.

BI Provinsi Bali telah mengantisipasi kebutuhan uang di masyarakat menyambut hari besar keagamaan yang jatuh berbarengan pada minggu yang sama bulan Juli, yakni Idul Fitri dan Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Bank sentral itu sebelumnya memprediksi tingkat kebutuhan uang di Pulau Dewata mencapai sekira Rp3,8 triliun.

Namun, Dewi enggan menyebutkan jumlah nominal uang yang disiapkan oleh bank sentral tersebut, tetapi ia menegaskan bahwa ketersediaan uang kartal sangat mencukupi dengan persentase kenaikan mencapai 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Indikasinya meningkat karena naiknya kegiatan ekonomi yang berkembang dan dipengaruhi libur panjang," katanya.

Bank sentral itu juga telah bekerjasama dengan 13 bank umum dan 13 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk turut aktif dalam melayani kebutuhan uang khususnya pecahan kecil kepada masyarakat.

"Jumlah loket yang disediakan sebanyak 78 loket yang tersebar di seluruh Provinsi Bali. Masyarakat dapat langsung menuju lokasi bank umum atau BPR terdekat dengan jadwal setiap hari Selasa dan Kamis mulai pukul 09.00-12.00 WITA," ucap Dewi.

Optimalisasi layanan penukaran uang juga ditempuh dengan penyediaan kegiatan layanan kas keliling untuk penukaran uang pecahan kecil di titik-titik pasar dan tempat keramaian masyarakat yang tersebar di Pulau Dewata.

Layanan kas keliling Bersama perbankan juga diadakan di Lapangan Renon sebanyak dua kali pada 28 Juni 2015 dan 5 Juli 2015 mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WITA dan di Lapangan Puputan (6 kali) pada 6--10 Juli (setiap hari) dan 13 Juli 2015 pukul 09.00 hingga 12.00 WITA.

Setiap harinya dilayani empat mobil layanan penukaran setiap harinya dengan batas penukaran sebesar Rp3,7 juta dan penukaran tidak dipungut biaya.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015