Paris (ANTARA News) - Hanya 24 hari sejak Barcelona menggasak Juventus untuk meraih trofi Liga Champions, kompetisi elite sepak bola Eropa ini kembali digelar mulai Selasa.

Jalan ke final Liga Champions musim 2015-16 yang akan dihelat di San Siro, Milan, dimulai akhir Juni ini.

Untuk klub-klub seperti Lincoln dari Gibraltar, juara liga Andorran Santa Coloma dan juara liga Wales The New Saints, mungkin hanya impian mereka saja bisa berlanjut ke babak berikutnya.

Dalam dua bulan ke depan akan ada empat laga dua leg. Namun dengan hanya memenangi satu leg saja sebuah klub sudah mendapat keuntungan finansial.

Lincoln melakukan debutnya pada kompetisi ini, sedangkan Santa Coloma dan Folgore dari San Marino --yang akan menghadpi Pyunik dari Armenia -- akan berusaha memenangi laga untuk pertama kalinya.

Sebaliknya, jagoan Wales The New Saints akan hadir sejak kalah agregat 0-6 dari Liverpool pada kualifikasi 2005. Klub ini kini akan menghadapi B36 Torshavn dari Kepulauan Faroe yang jika lolos akan ditantang juara Hungaria yang juga mantan finalis Piala UEFA, Videoton.

Mulai tahun ini, klub-klub pada kualifikasi pertama akan menerima 450.000 euro (Rp6,6 miliar) dari UEFA, dan jika lolos ke putaran berikutnya mendapatkan paling sedikit 300.000 euro (Rp4,4 miliar).

"Ini sangat menguntungkan. Jumlah uang yang cukup menutup tagihan gaji semusim penuh," kata manajer The New Saints Craig Harrison yang mantan pemain Middlesbrough dan Crystal Palace kepada AFP.

Berikut jadwal laga kualifikasi pertama Liga Champions, untuk leg pertama pekan ini:

Selasa
   Di Yerevan, Armenia (23.00 WIB); Pyunik (Armenia) vs Folgore (San Marino)
  Di Gibraltar (Rabu dini hari 01,00 WIB): Lincoln (Gibraltar) vs Santa Coloma (Andorra)
  Di Belfast, Irlandia Utara (Rabu dini hari 01.45 WIB): Crusaders (Irlandia Utara) vs Levadia Tallinn (Estonia)
 
Rabu
  Di Torshavn, Kepulauan Faroe (Kamis 01.00 WIB):  B36 Torshavn (Faroe) vs The New Saints (Wales)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015